Hari Pertama Kerja Wabup Sidak Tiga Dinas

KabarNTB, Sumbawa Barat – Wakil Bupati Sumbawa Barat, Fud Syaifuddin melakukan inspeksi mendadak (sidak) di hari pertama masuk kerja usai libur Idul Fitri 1438 ke sejumlah dinas pada senin 3 Juli 2017.

Dinas pertama yang disambangi Wakil Bupati dan tim adalah Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil). Selain memeriksa kehadiran pegawai dan memeriksa ruangan, Wabup juga menyempatkan diri untuk berbincang dengan warga yang mengurus Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan dokumen lainnya. Wabup menanyakan kendala apa yang dihadapi warga dalam mengurus KTP, akta kelahiran dan dokumen lainnya.

Wabup mengapreasiasi karena kehadiran pegawai Disdukcapil yang cukup tinggi di hari pertama kerja pasca cuti bersama.

Wabup Fud Syaifuddin berbincang dengan masyarakat yang mengurus administrasi kependudukan saat Sidak di Disdukcapil

“Saya minta Kepala dinas dan aparatur  bekerja dengan maksimal dan hindari pungli (pungutan liar). Kepala dinas juga harus melengkapai sarana dan prasarana agar suasana kerja lebih nyaman,” ujar Wabup.

Ia juga meminta pegawai yang melayani masyarakat menggunakan sistim shift serta merancang sistem nomor antrian digital seperti di rumah sakit agar data warga yang mengurus KTP, kartu keluarga dan lainnya dapat terigister otomatis.

Dari Dukcapil, Wabup dan tim mendatangi Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi. Wabup mendata para pegawai baik PNS maupun PTT.

“Tingkat kehadiran yang tinggi ini harus dipertahankan, dengan kesadaran akan tugas dan tanggungjawab sebagai aparatur,  bukan karena takut ada sidak pada hari pertama usai libur. Jaga kekompakan dan hargai atasan,” himbau Wabup.

Terakhir, Wabup dan tim mendatangi Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga. Wabup kembali mengapresiasi pegawai di Dikpora karena kehadiran pegawai di atas 90 persen. Kepada Kepala Dinas dan jajarannya, Wabup mengatakan, porsi anggaran untuk Dikpora sangat tinggi, yakni Rp. 70 miliar lebih.

“Ini berarti tantangan yang sangat besar. Kepala Dinas dan jajarannya harus menanamkan sikap anti korupsi, menghindari pungli dan praktik yang merugikan daerah dan masyarakat. Kegiatan yang telah direncanakan pun diharapkan agar segera dilaksanakan,” pesan Wabup kepada jajaran Dikpora.

Dari hasil Sidak ini, Wabup mengapresiasi tingkat kehadiran pegawai yang mencapai 96 persen di hari pertama masuk kerja usai cuti bersama. Bagi pegawai yang tidak masuk nantinya akan diberi sanksi sesuai aturan yang berlaku. Wabup juga menegaskan agar ASN menaati aturan kepegawaian. Menjadi pegawai yang baik dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.(EZ)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.