Kapolres Mimika : “Kita Rindu Tokoh Seperti TGB yang Bisa Bicara Secara Nasional Maupun Global’

KabarNTB, Papua – Kapolres Mimika, Papua, AKBP Victor Dea Mackbon menyatakan daerah – daerah di Indonesia membutuhkan sosok seperti Gubernur NTB, TGH M Zainul Majdi yang memiliki latar belakang keilmuan yang mumpuni dan jaringan luas baik secara nasional maupun internasional.

Hal itu diungkapkan AKBP Victor Mackbon ketika menyampaikan kesannya dalam kegiatan Dialog Lintas Agama di Mimika, Papua, Jum’at malam 14 Juli 2017. Dalam dialog lintas agama yang dihadiri oleh para tokoh lintas agama yang tergabung dalam Forum Komunikasi Ummat Beragama (FKUB), tokoh masyarakat,  Pemerintah Daerah yang diwakili Asisten I Sekretariat Daerah Mimika, Deminus Katiop, serta para kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah Kabupaten Mimika itu, TGH Zainul Majdi (Tuan Guru Bajang – TGB) menjadi nara sumber.

Kapolres mengaku sangat terkesan bisa bertatap muka langsung dengan TGB setelah selama ini hanya melihatnya melalui tayangan di televisi.

“Dari dialog beliau di televisi, buat saya itu memberi gambaran terutama tentang bagaimana itu Islam.  Kita tahu Pak Gubernur ini orang yang intelektual, punya wawasan secara internasional dan kita butuhkan juga terutama bagi kita di Timika ini. Kita sangat butuh orang-orang yang bisa memberi masukan. Karena memang di Timika ini adalah daerah yang multi agama, multi ras dan keberadaan perusahaan (tambang) besar sehinggaTimika ini menjadi sorotan dunia juga,” ungkapnya.

TGB Berfoto bersama para peserta usai Dialog Lintas Agama di Mimika Papua

Kapolres juga menyatakan bersyukur, ditengah dinamika Politik di Timika yang terbilang cukup unik, ada Pemerintah Daerah, FKUB, MUI (Majelis Ulama Indonesia) dan Kementerian Agama yang memiliki kepedulian tinggi dalam menjaga keberagaman yang ada. Karena isu-isu keberagaman itu sangat sensitif ditengah masyarakat dan Kepolisan ungkap Kapolres sangat terbantu atas keberadaan lembaga-lembaga tersebut.

Menurutnya, apa yang disampaikan Gubernur NTB  (tentang konsep keberagaman) memang suatu hal mendasar, yang fundamental. Cara penyampaiannya-pun mudah dicerna tidak ruwet-ruwet dan tidak membuat orang yang mendengar bingung.

“Dan kita terus terang punya kerinduan bagaimana kita disini bisa punya tokoh seperti Pak Gubernur yang bisa bicara secara nasional dan secara global juga. Mungkin semua kita terinspirasi dengan kehadiran Pak Gubernur disini. Saya yakin ini bukan suatu hal yang kebetulan, pasti rencana Yang Kuasa juga bapak bisa datang kesini,” ungkapnya.

“Saya berterimakasih kepada semua yang hadir karena bisa mendapatkan pencerahan. Semoga tali silaturahmi terjaga dan kita bisa terus belajar agar tetap bisa bergandengan tangan sebagaimana visi dan misi pemimpin daerah disini, agar Timika yang aman damai dan sejahtera itu bisa tercapai,” harapnya.(EZ)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.