Satu Dermaga Rusak, Antrean Kendaraan Lebih Dua KM di Pelabuhan Kayangan

KabarNTB, Lombok Timur – Ratusan kendaraan baik bus penumpang, kendaraan roda empat, sepeda motor hingga truk pengangkut barang menumpuk dan menimbulkan antrean panjang di Pelabuhan Penyeberangan  Kayangan Lombok Timur.
Penumpukan terjadi mulai dari Rabu 5 juli 2017  hingga Kamis  6 juli 2017 lantaran rusaknya salah satu dermaga di Pelabuhan tersebut. Akibat kerusakan dermaga itu juga berimbas pada penumpukan dan antrean panjang kendaraan di Pelabuhan Poto Tano, Sumbawa Barat.
Manager Operasional PT ASDP Pelabuhan Kayangan, Alvius D Bago mengatakan, penumpukan terjadi akibat perbaikan Dermaga II Pelabuhan Kayangan yang dilakukan sejak Rabu.
“Memang hari Selasa kemarin tidak terlalu nampak dampak antrean cukup panjang. Cuma mulai hari Rabu sampai dengan hari ini terlihat ada antrean yang cukup panjang sampai keluar pelabuhan,” kata Alvius yang dihubungi via telephone kamis siang.

Antrean pengendara sepeda motor di Pelabuhan Kayangan

Dia menyebutkan, Dermaga II Kayangan sendiri saat ini harus dilakukan perbaikan demi keselamatan pengguna jasa angkutan laut.
“Memang kondisinya sudah tidak memungkinkan untuk melakukan aktivitas bongkar muat di dermaga dua,” timpalnya.
Akibat perbaikan ini, puluhan Bus penumpang,  truk pengangkut barang dan logistik tampak menumpuk di Pelabuhan Kayangan, lokasi parkir, hingga di luar area pelabuhan. Menurutnya, antrean ini akan semakin padat terutama pada malam dan pagi hari. Antrean mengular hingga dua kilo meter keluar area pelabuhan.
“Sekitar dua kilometer dari pelabuhan, tapi sekarang sudah mulai berkurang,” ucap Alvius.
Dengan adanya antrean panjang ini, pihak otoritas pelabuhan telah melakukan berbagai inisiatif seperti mempercepat waktu bongkar-muat. Termasuk melakukan penundaan keberangkatan agar tidak terjadi pengapungan yang terlalu lama di laut.
Selain itu, pihak otoritas pelabuhan juga memprioritaskan kendaraan pribadi, bus pengangkut penumpang dan truk pengangkut logistik  untuk menyeberang lebih dulu.
“Ini sedang dikoordinasikan untuk memberangkatkan prioritas pada kapal-kapal besar agar antrean truk pengangkut barang segera terurai,” jelasnya.
Perbaikan Dermaga II Pelabuhan Kayangan sendiri diperkirakan akan rampung, Jumat 7 juli 2017, sehingga penutupan Dermaga II, hanya dilakukan selama dua hari saja.
Alvius menambahkan, dalam kondisi normal Pelabuhan Kayangan memiliki dua dermaga penyeberangan yang melayani penyeberangan dari Kayangan menuju Pelabuhan Poto Tano. Sementara pada hari normal Pelabuhan Kayangan melayani 11 kapal setiap harinya.
Dengan kondisi seperti sekarang ini, jumlah trip dan jumlah kapal yang diberangkatkan berkurang  menjadi 8-9 armada saja.(EZ)
Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.