Wow..Ada Juara Dunia Terbang di Mantar XC Open

KabarNTB, Sumbawa Barat – Kejuaraan dunia paralayang, Mantar Paragliding XCross Country Open (Mantar XC Open) telah resmi dimulai sejak Rabu 19 Juli 2017. Tercatat sebanyak 87 orang pilot paralayang dari 15 negara didunia, ikut ambil bagian baik sebagai competitor maupun sebagai fun flyer dalam event bergengsi tersebut.

Diantara 87 orang peserta itu, satu diantaranya adalah Jordi Vernandes, pilot paralayang berkebangsaan Spanyol.

“Jordi adalah pilot yang saat ini menduduki rangking satu dunia untuk cabang cross country,” ungkap event manager, Mantar XC Open, Deden Zaidul Bahri, kepada KabarNTB disela-sela pertandingan di Puncak Mantar, Kamis pagi 20 Juli 2017.

Selain Jordi Vernandes, puluhan pilot lainnya yang berkompetisi di Mantar XC Open berasal dari 15 negara di seluruh dunia, antara lain, Jepang, Korea Selatan, India, Pakistan, Malaysia, Vietnam, Thailand, Selandia Baru, dan sejumlah negara lain.

Perlombaan hari pertama, Rabu 19 Juli 2017 berlangsung lancar dan seluruh peserta berhasil terbang. Kondisi angin dan cuaca yang relatif bagus (cerah sedikit berawan) membuat para peserta terlihat sangat menikmati suasana perlombaan. Mereka memuji Mantar sebagai salah satu site paralayang yang eksotik dan indah.

Salah satu peserta bersiap untuk terbang di Mantar XC Open 2017

“Kita berharap kondisi cuaca sampai hari terakhir perlombaan (24 Juli 2017) tetap bagus,” timpal Deden.
Sementara itu pada ratusan penonton yang datang dari KSB dan Sumbawa, bahkan dari sejumlah wilayah lain di Indonesia terlihat hadir di Mantar pada hari pertama perlombaan. Ratusan penonton lainnya juga terlihat memadati area pendaratan disekitar pesisir kecamatan Poto Tano.

Roni, penonton asal Bogor, Jawa Barat, mengaku sengaja datang ke Mantar karena penasaran akan keindahan desa yang terletak di ketinggian 630 Mdpl yang juga pernah menjadi lokasi pengambilan gambar film ‘Serdadu Kumbang’ itu.

“Selama ini saya mendengar cerita dari teman-teman dan menonton dari televisi tentang keindahan Mantar. Kebetulan sekarang ada XC Open dan ada teman yang jadi peserta, saya ikut datang. Ternyata Mantar jauh lebih indah dari cerita yang saya dengar,” ungkapnya.

Event Mantar XC Open, dibuka secara resmi oleh Wakil Gubernur NTB, Muhammad Amin didampingi oleh Bupati Sumbawa Barat, HW Musyafirin dan Sekretaris eksekutif Asian Continental Paragliding Asociation (ACPA), Nicky Moss, pada Selasa Malam 18 Juli 2017.(EZ)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.