2.263 Orang Karyawan PT AMNT di Tambang Batu Hijau Ajukan Pensiun Dini

KabarNTB, Sumbawa Barat – Jumlah karyawan PT Amman Mineral Nusa Tenggara (PTAMNT) di tambang Batu Hijau, Kabupaten Sumbawa Barat, NTB yang mengajukan pensiun sukarela mencapai angka fantastis.

Sampai dengan 18 Agustus 2017, jumlah pengajuan pensiun sukarela mencpai 2.263 orang karyawan. Jumlah ini mencapai 82,033 persen dari total karyawan perusahaan tambang tersebut yang berjumlah 3.625 orang.

“Program pengajuan pensiun dini sukarela ini sudah ditutup per 18 agustus 2017. Laporan yang disampaikan ke kami jumlah karyawan yang ikut program ini sebanyak 2.263 orang,” ungkap Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Sumbawa Barat, H Abdul Hamid, kepada KabarNTB Senin 28 Agustus 2017.

PT AMNT melaksanakan program pensiun dini sukarela untuk mengurangi karyawan di tambang Batu Hijau sejak 1 juni 2017 sampai 31 Juli 2017. Namun meski jumlah karyawan yang mengajukan sudah lebih dari 50 persen per 31 juli, program itu diperpanjang sampai 18 agustus 2017. Perusahaan itu beralasan pengurangan karyawan dilakukan untuk efisiensi.

Tambang PTAMNT di Batu Hijau

Kadisnaker Abdul Hamid, memperkirakan PTAMNT sengaja membuat struktur yang ramping dan berbeda dengan PT Newmont Nusa Tenggara (PTNNT), pendahulunya di tambang Batu Hijau.
Dari laporan ke Disnaker, katanya, realisasi tahap pertama pensiun dini ini akan dilaksanakan per September 2017. Tahap berikutnya akan berlangsung setiap bulan.

Dari sekian banyak karyawan yang mengajukan pensiun dini itu, sebagian merupakan karyawan lokal Sumbawa Barat. Hamid tidak memungkiri kemungkinan adanya imbas terkait banyaknya karyawan yang mengikuti program ini terhadap daerah. Karena itu, Pemda KSB, katanya, telah dua kali bersurat ke management PTAMNT untuk memfasilitasi karyawan yang memilih tetap bertahan (tidak mengajukan pensiun) untuk mendapatkan job yang sesuai dengan keahliannya ditempat yang baru.

“Ini dilakukan karena ada karyawan yang tidak ikut program tapi departemen tempatnya bekerja dihapus. Secara lisan PTAMNT sudah menyanggupi itu,” imbuhnya.(EZ)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.