Pensiun Dini Karyawan AMNT, Bupati : “Hanya Karyawan Mining yang Diprioritaskan Beralih ke Mac Mahon”

KabarNTB, Sumbawa Barat – Bupati Sumbawa Barat, HW Musyafirin menyatakan para karyawan PT Amman Mineral Nusa Tenggara (PTAMNT) yang mengajukan pensiun dini sukarela, khususnya yang berasal dari departement mining (penambangan) akan menjadi prioritas pertama untuk dialihkan ke PT Macmahon (sub kontraktor aliansi PTAMNT yang akan mengelola mining) yang akan mulai beroperasi di Batu Hijau Hijau dalam waktu dekat.

Hal itu merupakan hasil pertemuan bupati dengan management PTAMNT, Rabu pagi 30 Agustus 2017 di Taliwang.

Sementara untuk karyawan eks departement lain, kata bupati, ada yang akan dilepas dan ada juga yang ditarik kembali karena masih dibutuhkan. Yang tidak ditarik akan diberikan rekomendasi oleh PTAMNT jika ingin bekerja di tempat lain.

“Khusus untuk eks karyawan mining akan menjadi prioritas pertama jika ingin beralih ke Macmahon. Kenapa tidak otomatis beralih, karena belum tentu semuanya ingin bekerja di perusahaan itu,” kata bupati, kepada KabarNTB, rabu pagi usai pertemuan.

Bupati Sumbawa Barat, HW Musyafirin

Sampai tanggal 18 Agustus 2017, jumlah karyawan PTAMNT yang mengajukan pensiun dini (RTK – Restrukturisasi Tenaga Kerja) sebanyak 2.263 orang atau 82,033 persen dari total sebanyak 3.625 total jumlah karyawan perusahaan itu di Batu Hijau.

Dari laporan management PTAMNT, kata Bupati, sebanyak 554 orang diantaranya telah disetujui untuk dilepas. Realisasinya akan dimulai bulan september sampai desember 2017.

Dari jumlah itu, kata bupati, 30 persen merupakan tenaga lokal KSB, 30 persen lokal NTB dan 40 persen karyawan luar daerah.

Bupati tidak memungkiri adanya kekhawatiran dengan banyaknya karyawan PTAMNT yang mengajukan pensiun dini akan menimbulkan dampak terhadap sosial ekonomi masyarakat maupun daerah.

Karena itu, Pemda katanya, melakukan upaya antisipasi, termasuk dengan memaksimalkan penyerapan tenaga kerja dari sektor-sektor lain lewat kerjasama dengan investor dan pengusaha yang sudah beroperasi di KSB.

“Lagipula, mereka merupakan tenaga terlatih dan punya skill, jadi akan mudah mendapatkan pekerjaan di tempat lain. Mungkin juga mereka mengajukan pensiun sukarela karena ingin beralih ke sektor lain atau membuka usaha baru,” demikian Bupati.(EZ)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.