Wabup Desak PTAMNT Terbuka Soal Rekrutmen dan Himbau Karyawan Berfikir Kedepan

KabarNTB, Sumbawa Barat – Wakil Bupati Sumbawa Barat, Fud Syaifuddin mendesak PT Amman Mineral Nusa Tenggara (PTAMNT) agar terbuka dan menjalin bekerja sama dengan pemerintah daerah dalam penyiapan tenaga kerja.

“Jika ada rekrutmen tenaga kerja, termasuk untuk persiapan pembangunan smelter harus dilaksanakan secara terbuka dan transparan. Ini penting untuk menghindari gejolak di masyarakat,” ujar Wabup Fud Syaifuddin saat membuka kegiatan Rapat Kerja Tekhnis (Rakernik) PUK SP KEP Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) PTAMNT, di Taliwang, Minggu pagi 20 Agustus 2017.

Keterlibatan (kerjasama dengan) Pemerintah Daerah dalam hal rekrutmen, kata Wabup, juga penting agar tenaga kerja sesuai skill yang dibutuhkan bisa dipersiapkan.

Selain itu, jumlah pencari kerja lokal  yang masih cukup tinggi juga diharapkan bisa direkrut maksimal, termasuk dalam proses pembangunan dan pengoperasian smelter dan penyiapan karyawan baru oleh sub kontraktor seperti PT Macmahon  yang rencananya akan mulai melaksanakan perekrutan pada Oktober 2017 mendatang.

Wabup Fud Syaifuddin berfoto bersama pengurus PUK SP KEP SPSI PTAMNT

“Kita (KSB) sudah punya BLK (Balai Latihan Kerja) untuk mempersiapkan para pencari kerja agar bisa bersaing dalam kesempatan kerja yang ada. Salah satu goal yang ingin kita capai adalah pencari kerja yang handal dan punya skill dan mereka bisa berperan mengisi kesempatan kerja yang ada di daerah, termasuk di PTAMNT dan perusahaan Subkon-nya di Batu Hijau,” beber Wabup.

Sementara itu, kepada semua serikat pekerja, Wabup menghimbau agar mulai memikirkan membuat wadah usaha sendiri dalam mengerakan ekonomi anggotanya.

Politisi yang Juli 2017 lalu dinobatkan sebagai ‘Tokoh Peduli Anak Nasional’ itu, mengatakan usaha bersama yang dikelola organisasi (serikat) bisa menjadi alternatif agar tidak selalu bergantung dengan bekerja di tambang yang jelas akan pasti habis pada waktunya.

“Para karyawan yang nota bene adalah anggota serikat juga harus berfikir kedepan, jangan selalu melakukan hal yang tidak bermanfaat dan harus menyiapkan diri secara ekonomi agar pasca tembang tetap bisa survive dengan membuat atau melakukan usaha baru,” ujarnya mengingatkan.

Diakhir sambutanya, Wabup berharap agar Rakernik  PUK SP KEP SPPSI PTAMNT bisa menghasilkan ide-ide cemerlang demi kepentingan anggota serikat dan menjadi penyambung lidah yang baik antara perusahan dengan karyawan.(EZ)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.