Bantuan Air Bersih dari Polres – PDAM KSB Jangkau Wilayah Lebih Luas

KabarNTB, Sumbawa Barat – Program bantuan air bersih untuk masyarakat yang terdampak kekeringan oleh Kepolisian Resor (Polres) bekerjasama dengan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Sumbawa Barat terus berlanjut. Dalam minggu ini, program tersebut bahkan menjangkau wilayah lebih luas.

Kasat Sabhara Polres KSB, Iptu Arman Wijaya, menyatakan penyaluran bantuan air bersih itu sudah berlangsung sejak 4 September lalu dengan sasaran sejumlah desa dan dusun di empat kecamata, mulai dari Kecamatan Poto Tano, Seteluk, Kecamatan Taliwang dan Jereweh.

“Hari ini (Sabtu) kami juga sudah menjangkau wilayah Kecamatan Brang Rea, tepatnya di Dusun Kerato, Desa Tepas yang masyarakatnya mengalami kesulitan mendapatkan air beraih,” ungkap Iptu Arman Wijaya, kepada KabarNTB, Sabtu 23 September 2017.

Suasana penyaluran bantuan air bersih oleh Polres dan PDAM KSB

Menurutnya, penyaluran bantuan air bersih dilaksanakan di wilayah yang memang mengalami kekurangan air bersih atas hasil pamantauan yang dilakukan oleh Babinkamtibmas ditiap desa dan Mapolsek.

“Kami menggunakan mobil water canon untuk mengantar air ke masyarakat. Sementara kebutuhan air bersih kami ambil.dari hidran milik PDAM terdekat dari lokasi penyaluran,” imbuhnya.

Dirut PDAM KSB, Bambang ST, menyatakan pihaknya siap memback up kebutuhan air bersih yang akan disalurkan ke masyarakat yang terdampak kekeringan. PDAM juga menyiapkan tiga armada tangki pengangkut air untuk memback up armada milik Polres.

“Kami juga terus memantau wilayah-wilayah lain yang terdampak kekeringan dan menghimbau masyarakat yang mengalami kesulitan air bersih di wilayahnya untuk melaporkan segera agar bantuan bisa disalurkan,” imbuh Bambang.

Upaya mengurangi kesulitan masyarakat mendapatkan air bersih yang dilaksanakan Polres dan PDAM ini mendapat sambutan antusias dari masyarakat di wilayah yang mengalami kekeringan. Warga berbondong-bondong mendatangi mobil water canon milik Polres untuk mendapatkan air bersih.

Apalagi sejauh ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang menjadi leading sektor penanganan bencana  yang dialami masyarakat belum melakukan upaya apapun untuk menanggulangi kesulitan air bersih yang dialami masyarakat. Praktis bantuan dari Polres dan PDAM menjadi tumpuan warga terdampak kekeringan untuk pemenuhan kebutuhan air bersih.(EZ)

 

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.