Para Pemuda Desa Pasir Putih Dilatih Keterampilan Gratis oleh Desa

KabarNTB, Sumbawa Barat – Puluhan orang pemuda di Desa Pasir Putih Kecamatan Maluk, Sumbawa Barat, mengikuti pelatihan keterampilan perbengkelan dan pertukangan yang dilaksanakan oleh pemerintah desa setempat.

Para pemuda tersebut mengikuti pelatihan secara gratis selama satu bulan penuh mulai Senin 2 Oktober 2017. Mereka akan dilatih oleh instruktur ahli dibidang pertukangan dan perbengkelan yang didatangkan khusus oleh pemerintah desa.

Kades Pasir Putih, L Sujarwadi, mengatakan seluruh biaya pelatihan yang diberi label sebagai pelatihan pemuda kreatif gotong royong tersebut dialokasikan melalui APBDes tahun 2017.

Pelatihan keterampilan yang diikuti oleh pemuda desa Pasir Putih

“Program ini sengaja kami laksanakan sebagai salah satu upaya pemerintah desa untuk menciptakan pemuda yang memiliki skill dan berdaya saing,” ungkap L Sujarwadi, kepada KabarNTB disela – sela acara pembukaan kegiatan pelatihan, senin.

L Sujarwadi mengaku sengaja menerapkan konsep gotong royong, selaras dengan semangat dasar pembangunan berbasis gotong royong yang dicanangkan pemerintah kabupaten Sumbawa Barat.

Pemerintah desa, kata Sujarwadi, melaksanakan pelatihan itu untuk membekali para pemuda dengan keahlian.agar mereka bisa bersaing untuk mengisi peluang kerja yang ada atau menciptakan lapangan kerja sendiri.

Selain itu setiap tahun anggaran pemerintah desa selalu menganggarkan proyek pembangunan infrastruktur. Demikian juga kalangan swasta dan masyarakat umum. Karena tidak ada orang lokal desa yang ahli dalam bidang pertukangan, terpaksa para tukang didatangkan dari luar.

“Setelah pelatihan ini.kita harapkan pemuda desa punya keterampilan sehingga pekerjaan – pekerjaan yang ada bisa di kerjakan anak-anak muda desa pasir putih sendiri. Dengan demikian mereka bisa menjadi pemuda mandiri,” demikian L Sujarwadi.(AW)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.