Kapolda NTB Gelar Safari Kamtibmas Jelang Pilkada Serentak 2018

KabarNTB, Sumbawa – Kapolda NTB Brigjen Pol Drs Firli dan Danrem 162 Wira Bhakti menggelar silaturahmi dengan FKPD, Toga Toma dan ketua partai politik se Kabupaten Sumbawa.

Silaturahmi itu dalam rangka safari Kamtibmas jelang Pilakada serentak tahun 2018 mendatang.

Kapolda dalam silaturahmi itu,  memaparkan seputar kondisi keamanan Provinsi NTB yang kini lumayan membaik. Kalau dulu konflik terjadi dimana-mana,  di tahun 2017 zona konflik sudah kondusif dan daerah ini sudah keluardari  zona merah.

Kapolda mengharapkan jika terjadi konflik disuatu daerah, Bupati segera memberikan perintah kepada Kepolisian untuk menangani masalah konflik sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Pada kesempatan tersebut dirinya mengajak semua pihak dan elemen untuk tetap menjaga dan mengikat jiwa toleransi, tolong menolong, gotong royong antar sesama umat beragama menuju kabupaten Sumbawa yang aman, tenteram dan sejahtera.

“Konflik kekerasan yang terjadi lebih karena keterbatasan sumber daya manusia,” ungkap Kapolda.

Untuk diketahui, konflik kekerasan yang sering terjadi selama ini banyak mengunakan senjata tajam.  Pelaku dalam konflik dimaksid akan dikenakan sanksi hukum sesuai dengan peraturan hukum yang berlaku.

Demikian juga dalam persiapan pilkada serentak tahun 2018, dirinya mengajak semua pihak untuk bersama membangun kemitraan dan sinegisitas terutama dengan elemen terkait seperti Pemda, Polri, TNI, Linmas, toga, toma dan komponen lainnya sedini mungkin, untuk meminimalisir terjadinya konflik dan Pilkada serentak bisa berlangsung  sukses, aman lancar dan demokratis.

“Kepolisian akan melakukan pendekatan pencegahan, pendekatan kemanusiaan, pendekatan kesejahteraan dan pendekatan penegakan hukum dalam menangani konflik seputar Pilkada,” jelas Kapolda.

Ia juga meminta  Parpol agar memastikan kader-kader yang akan mencalonkan diri agar bisa bersaing secara sehat tanpa menjatuhkan lawan.

“Ingat Parpol dan pasangan calon juga tidak boleh mengajak anggota Polri dan TNI untuk mendukung calon tertentu karna posisi TNI-Polri netral,” tegas Kapolda.(JK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.