Sumbawa Dapat Bantuan 200 Ekor Sapi Brahman Cross dari Kementan

KabarNTB, Sumbawa — Kabupaten Sumbawa mendapat bantuan 200 ekor sapi unggul jenis Brahman Cross beserta alat pengelolaan pakan dari Kementerian Pertanian tahun 2018 mendatang.

Bantuan tersebut merupakan penunjang dari program Integrasi Jagung Lamtoro dan Sapi (IJALAPI) yang sedang digalakkan di kabupaten terkait.

Sekretaris Dinas Peternakan Kabupaten Sumbawa Rusmin Junaedi, menjelaskan, pemerintah daerah melalui Dinas Peternakan sejauh ini telah menyiapkan dua lokasi di dua kecamatan sebagai pilot project untuk program Ijalapi yakni Kecamatan Labangka dan Lunyuk.

Tim dsri Kementan saat meninjau lokasi program di Sumbawa

“Dipilihnya dua kecamatan tersebut karena merupakan sentra jagung yang selama ini telah berhasil. Selain itu memiliki kelompok tani ternak yang memenuhi syarat serta mempunyai lahan pengembalaan dan pakan yang tersedia,” jelas Rusmin.

Ia menyatakan, dua lokasi di kecamatan tersebut sudah dilakukan peninjauan oleh Dirjen dari Kementan RI belum lama ini dan dianggap sangat cocok untuk pelaksanaan program.

Pemerintah daerah, juga telah melakukan droping mesin pencacah dan pengelolaan pakan ke dua lokasi tersebut sebagai persiapan. Rencananya dua kecamatan tersebut akan diberikan bantuan mesin pengelolaan pakan sebanyak 60 unit.

“Selain dua kecamatan tersebut, mesin yang sama juga akan di berikan untuk kecamatan lainnnya sebagai persiapan untuk program tersebut kedepan,” imbuhnya.(JK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.