2018 Bus Sekolah Mulai Beroperasi di KSB

KabarNTB, Sumbawa Barat – Dinas pendidikan pemuda dan olahraga (Dikpora) Sumbawa Barat akan mengoperasikan bus sekolah untuk antar jemput siswa mulai tahun 2018 mendatang.

Saat ini tiga unit bus sekolah telah terparkir di halaman kantor Dikpora setempat di Kompleks KTC. Ketiga bus tersebut diadakan melalui APBD tahun 2017 dengan nilai Rp 2,1 Miliyar.

Bus dimaksud terdiri dari dua unit dengan kapasitas penumpang 35 orang dan satu unit dengan kapasitas 15 orang. Selain penampilan luarnya yang terlihat berciri khas bus sekolah, desain ruang dalam bus juga dibuat khusus. Kabin penumpang terlihat luas karena kursi – kursi penumpang ditata sedemikian rupa agar memberi rasa nyaman.

Bus Sekolah yang akan mulai dioperasikan awal 2018 mendatang di KSB

Plt Kepala Dikpora KSB, Tajuddin M.Si kepada KabarNTB, Jum’at 15 Desember 2017, mengatakan pihaknya saat ini sedang menunggu terbitnya SK bupati tentang penetapan jalur trayek yang akan dilayani bus sekolah dimaksud.

“Dengan adanya SK penetapan jalur trayek maka operasional bus pasti, tidak ngelantur kemana-mana, sehingga masyarakat ada kepastian pelayanan,” ujarnya.

Tajuddin menyatakan bus tersebut akan melayani jalur – jalur yang dipandang perlu atas hasil pengamatan dan masukan dari masyarakat maupun pihak sekolah.

Ia mengakui jika dilihat dari kuantitas, jumlah bus yang tersedia masih jauh dari jumlah kecamatan yang ada di KSB (8 kecamatan). Namun ia menjelaskan bahwa pelayanan bus tersebut tidak direncanakan untuk daerah terpencil atau per kecamatan.

“Yang pasti jalur itu banyak anak sekolah dan yang terpenting keberadaan angkutan ini juga untuk mengurangi angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas yang dialami anak-anak sekolah,” urainya.

Ditahap awal ini, karena kondisi keuangan daerah Pemda, tambahnya, hanya mengadakan tiga unit bus. Kedepan jika berdasarkan hasil evaluasi program ini berjalan baik dalam hal pelayanan bagi masyarakat, Dikpora akan mengusulkan penambahan unitnya.(EZ)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.