Dilepas Bupati, Jemaah Haji Tertua dari KSB Berusia 79 Tahun

KabarNTB, Sumbawa Barat – Sebanyak 115 orang Jemaah Calon Haji (JHH) Kabupaten Sumbawa Barat dilepas secara resmi oleh Bupati HW Musyafirin di Masjid Agung Darussalam, Rabu 25 Juli 2018.

Sebelum pelepasan, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) KSB,  H Syarifuddin, melaporkan,  JCH asal KSB terdiri dari 55 jamaah laki-laki dan 69 jamaah perempuan. JCH paling tua berumur   79 tahun bernama M. Saleh dan usia termuda 39 tahun bernama Samsudin dari Bertong.

“Kondisi jamaah saat ini alhamdulillah baik dan sehat, tetapi ada catatan, bahwa ada jamaah non resiko tinggi 68 orang, dan yang resiko tinggi 47 orang,” jelas Kemenag.

‘’Kebijakan baru dari Kementerian agama, bahwa bagi JCH yang wafat bisa digantikan oleh anaknya atau suami atau istrinya atau menantunya,” tambah Kemenag.

Secara teknis, Kemenag menjelaskan, musim haji tahun 2018 ini, KSB masuk pada kloter 10. Untuk penginapan di Kota Makkah, masuk di sektor 5 dengan nomor hotel 507 dan nomor bis 04. Selama di tanah suci, para jemaah akan mendapatkan sajian makanan sebanyak 40 kali. ‘

“Alhamdulillah untuk pembinaan, JCH kita sudah diberikan delapan kali pembinaan materi maupun praktek. Untuk keberangkatan, jamaah KSB akan menuju asrama haji NTB di Mataram pada Selasa subuh  tanggal 31 Juli dan insyaallah pada tanggal 12 September 2018 sudah kembali di KSB,” jelas H. Syarifuddin.

 

Bupati Sumbawa Barat, HW Musyafirin, meminta pendamping dan para JCH KSB memeriksa kesiapannya. Memeriksa bacaan talbiyyah haji dan kesiapan lainnya. JCH pun harus mengikuti pimpinan rombongan. Melaporkan apapun yang dialami kepada ketua rombongan agar cepat diselesaikan. Ikuti seluruh rangkaian ibadah haji mulai dari rukun haji hingga wajib haji.

Selanjutnya Bupati menegaskan bahwa jamaah juga harus selalu mengikuti petunjuk yang diberikan petugas haji, menguasai hal-hal yang dibolehkan, yang tidak dibolehkan. Mana yang membatalkan haji mana yang tidak agar hajinya bisa sesuai dengan harapan.

‘’Mengharap ridho dari Allah SWT dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, kita lepas jemaah calon haji Kabupaten Sumbawa Barat,” tutup Bupati.(EZ/*)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.