Ratusan Ekor Hewan Qurban untuk Korban Gempa Lombok dan Warga Miskin Jakarta dari Sumbawa

KabarNTB, Sumbawa – Ratusan ekor hewan qurban untuk masyarakat miskin di Jakarta dan Korban Gempa Lombok, dikirim dari Pelabuhan Badas Sumbawa, pada Kamis pagi 16 Agustus 2018.

Pengiriman hewan qurban itu dilepas oleh Wakil Bupati Sumbawa, H Mahmud Abdullah didampingi Ketua Aksi Cepat Tanggap (ACT) Alfian, dan anggota FPKS DPRD NTB, H Johan Rosihan. Total jumlah hewan qurban yang dikirim itu sebanyak 303 ekor.

Pelepasan Kapal Qurban melalui Tol laut tersebut, merupakan pelepasan perdana yang dilakukan oleh Pemda Sumbawa. Serta bagian dari mewujudkan Program Pemerintah Pusat untuk menunjang program ketahanan pangan.

Wakil Bupati Sumbawa, H Mahmud Abdullah mengatakan, populasi ternak di Kabupaten Sumbawa sangat memadai untuk memenuhi kuota pengiriman yang ditetapkan. Untuk ia berharap pengiriman lebih sering dilakukan,  tidak hanya menjelang Idul Adha saja.

“Kita ingin pengiriman ini berlanjut, karena ternak kita siap, tinggal bagaimana Aksi Cepat Tanggap (ACT) nya saja yang siap menampungnya sebagai wadah bagi para pengusaha ternak sebagai pasarnya. Termasuk harga ternak di Sumbawa tidak turun, bisa meningkat dengan adanya pasar seperti ini, karena pasarnya sudah terbuka,” ujar Wabup.

Sementara Ketua ACT, Alfian, menjelaskan bahwa pembelian ternak dari Sumbawa untuk mengangkat ekonomi masyarakat NTB dengan meningkatkan nilai jual ternak. ACT tahun 2018 ini bekerjasama dengan pemerintah DKI Jakarta untuk mengadakan ternak yang berasal dari Kabupaten Sumbawa. Jumlah ternak yang dikirim dari Kabupaten Sumbawa sebanyak 454 ekor, dengan rincian 303 ekor untuk Jakarta dan 101 ekor untuk membantu korban Gempa di Lombok dan 50 ekor untuk Kabupaten Sumbawa.(JK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.