Ratusan Personil TNI Bergerak Bersihkan Pamenang dari Puing Bekas Gempa

KabarNTB, Lombok Utara – Ratusan personil TNI dari berbagai kesatuan dipimpin Dansatgas Penanggulangan Darurat Bencana (PDB) alam gempa Lombok NTB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani, melaksanakan pembongkaran dan pembersihan puing-puing reruntuhan bangunan akibat gempa beruntun yang mengguncang Pulau Lombok di Kecamatan Panenang Lombok Utara, Rabu pagi 15 Agustus 2018.

Kepada sejumlah awak media, Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani yang juga menjabat sebagai Danrem 162/WB menyampaikan target untuk wilayah Pemenang selama satu minggu.

Pembersihan puing puing bekas gempa oleh ratusan personil TNI di Pamenang Lombok Utara

“Target untuk wilayah Pemenang diharapkan selama satu minggu harus clear, bersih dan tidak ada lagi bangunan-bangunan yang terdampak bekas bencana gempa”, kata Rizal.

Menurutnya hal itu dilakukan untuk mengurangi efek traumatis kepada masyarakat sendiri maupun wisatawan-wisatawan yang akan berkunjung ke Gili Trawangan.

Untuk saat ini sambungnya, ada 3 Satuan Setingkat Kompi (SSK) yang dikerahkan di wilayah Kecamatan Pemenang yakni Yonzipur 18/YKR, Yonzikon 13/KE dan dari Satuan Brimob.

Selain itu, Rizal juga menjelaskan beberapa alat berat yang digunakan dalam pembongkaran. “Tiga SSK tersebut menggunakan 8 alat berat milik TNI maupun dari BUMN seperti Jack Hammer, excavator dan lainnya sehingga mempercepat proses pembongkaran maupun pekerjaan pembersihan puing-puing tersebut.

Rizal berharap dengan pembongkaran dan pembersihan puing-puing ini akan dapat membantu pemulihan dan menghilangkan rasa trauma pada masyarakat serta dapat membangkitkan kembali semangat dan berjuang untuk hidup seperti sediakala,” pungkasnya.(EZ)

iklan

Komentar