32 Rumah Tidak Layak Huni di Samapuin Akan Dibedah 2019

KabarNTB, Sumbawa – Pada tahun 2019 mendatang, dari hasil survei lapangan sekitar 32 rumah di Kelurahan Samapuin Kecamatan Sumbawa akan direnovasi lewat program bedah rumah.

Lurah Samapuin Syafruddin, mengatakan, sekitar 32 rumah yang akan mendapat bedah Rumah pada 2019 mendatang, merupakan data tahun sebelumnya yang berlanjut dikerjakan pada tahun 2019. Menginggat pada tahun sebelumnya tidak semua dapat direnovasi.

Lurah Samapuin, Syafruddin

Ia menjelaskan, data awal terdapat sebanyak 132 rumah yang layak untuk mendapat program ini. Sebagian sudah dibedah dan akan menyusul kembali pada tahun berikutnya melalui hasil verifikasi tim.

“Artinya dari 132 rumah tersebut belum bisa habis. Sehingga kita harapkan program ini berjalan terus. Karena kasihan, yang datanya sudah masuk , pasti mereka menginginkan untuk dibedah rumahnya,” jelas Syafruddin.

32 rumah yang akan dibedah saat ini sedang dilengkapi dokumennya. Pendataan rumah tidak layak huni itu menurut Lurah,  dilaksanakan melalui RT. Data yang diterima dari RT, kemudian ditindaklanjuti pihak kelurahan dengan mengecek secara langsung kondisi rumah yang bersangkutan.

“Ini dilakukan untuk memastikan kebenaran data yang masuk layak atau tidak mendapatkan bedah rumah,” ucapnya.

Sedangkan untuk kendala yang sering ditemui dilapangan seperti, ada rumah yang memenuhi kriteria untuk dibedah. Tapi persoalannya rumah tersebut masih numpang di tanah orang lain, jadi itu tidak bisa dibantu.

“Banyak yang statusnya seperti itu di Samapuin. Umpamanya yang dari Lombok mereka hanya numpang dan menyewa tanah. Tapi kalau kita lihat kondisi rumahnya, sangat layak untuk dibedah. Tapi setelah kita cek status tanahnya bukan miliknya dia,” jelasnya.

Dengan adanya bedah rumah ini, kedepan ia tetap berharap agar program ini terus berjalan. Sehingga pada akhirnya, semua masyarakat dapat hidup di rumah yang layak seperti yang diharapkan oleh pemerintah.(JK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.