Diiringi Hujan, Gubernur Buka Festival Qasidah dan Bintang Gambus NTB ke-XXIII

KabarNTB, Sumbawa Barat – Diringi guyuran hujan yang cukup lebat, Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah membuka Festival Qasidah dan Bintang Vokalis Gambus dinilai Ke-XXIII tingkat NTB di Lapangan Graha Fitrah, Taliwang, Jum’at sore 26 Oktober 2018.

Gubernur menyatakan, Festival Qasidah dan bintang gambus yang akan dilaksanakan tanggal 26 sampai 28 Oktober mendatang di Taman Tiangnam Kota Taliwang itu telah membawa berkah dari Allah berupa guyuran hujan.

“Saya sangat ingin menyaksikan festival ini, tetapi saya minta maaf harus kembali untuk kemudian berangkat ke Bali. Tetapi Insya Allah saya akan datang di malam final nanti,” ujar Gubernur.

Pawai taaruf kontingen peserta festival qasidah dan bintang vokalis gambus ke-XXIII tingkat provinsi NTB di Taliwang KSB

Gubernur juga juga melepas pawai ta’aruf. Peserta pawai ta’aruf merupakan para peserta Qasidah dan Vokalis gambus anggota kontingen dari 10 Kabupaten/Kota. Turut mendampingi masing-masing kontingen adalah grup drumban siswa SMP sederajat dan SD yang ada di Kota Taliwang.

Ketua Lembaga Seni Qasidah Indonesia (Lasqi) KSB, Hj. Hanipa Musyafirin, menyambut para peserta festival di Bumi Pariri Lema Bariri.

“Lasqi KSB juga mengucapkan terimakasih kepada Lasqi NTB yang telah memberi kesempatan kepada KSB menjadi tuan rumah pelaksanaan Festival Qasidah dan Bintang Vokalis Gambus KE-XXIII tahun 2018,” ucapnya.

Ia menjelaskan, pelaksanaan festival bertujuan untuk memilih duta Qasidah dan Vokalis Gambus tingkat dewasa, remaja dan anak-anak tingkat Provinsi NTB, yang nantinya akan mewakili NTB ditingkat di tingkat nasional.

“Juga mendorong minat masyarakat terutama generasi muda untuk mengenal, memahami dan menghargai seni Qasidah dan Gambus. Memacu kreatifitas seniman musik qasidah dan gambus sebagai media Syiar islam melalui kesenian. Memasyarakatkan kesenian qasidah dan gambus di kalangan masyarakat umum, sekolah dan sanggar seni serta mengembangkan ekonomi kreatif melalui seni dan budaya Islami,” urainya.

Festival Qasidah dan Bintang Vokalis Gambus KE-XXIII tahun 2018 memperlombakan Qasidah klasik remaja putri dan dewasa putri, bintang Vokalis Gambus dewasa, remaja dan anak- anak putra maupun putri.(EZ/*)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.