DPMD KSB Siapkan Pembekalan Tekhnis untuk Pokmas Plus

KabarNTB, Sumbawa Barat –┬áKelompok Masyarakat (Pokmas) Plus yang akan mengawal pelaksanaan prorgam bantuan dana stimulan rehabilitasi rumah korban gempa di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) akan diberikan pembekalan pengetahuan teknis.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) KSB, Drs. Mulyadi, mengatakan, pembekalan teknis itu akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini.

Para agen PDPGR dalam kegiatan Sosialisasi Juklak Juknis dana stimulan bantuan rehab rumah korban gempa yang dilaksanakan Pemda KSB, Jum’at 28 September 2018

“DPMD akan bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Permukiman (PUPRPP) serta pihak terkait lainnya yang memiliki kapasitas dalam program rehabilitasi rumah warga korban gempat tersebut,” ungkap Mulyadi, Senin 15 Oktober 2018.

“Secepatnya ya karena kegiatan ini kan (rehabilitasi) juga sebagian sudah jalan di lapangan,” tambahnya.

Fokus pembekalan yang akan diberikan kepada para anggota Pokmas Plus ini, terutama terkait mekanisme pencairan dana bantuan. Berikutnya teknis penyusunan persyaratan mulai dari syarat pencairan hingga laporan pertanggungjawaban pasca pembangunan.

“Para agen PDPGR yang masuk dalam tim Pokmas Plus itu memang punya dasarnya. Tapi untuk program dana stimulan korban gempa ini ada sedikit perbendaan mekanisme. Nah ini yang perlu mereka ketahui juga,” cetusnya.

Ia mengaku, teknis pencairan dana program stimulan yang ada saat ini cukup rumit untuk diaplikasikan di tingkat lapangan. Karenanya Pemda KSB dalam berbagai kesempatan mengusulkan agar pemerintah pusat melakukan penyederhaan dengan tetap mengedepankan akuntabilitas.

“Terakhir kan pak bupati sudah ketemu dengan deputi PMK (kementerian koordinator pemberdayaan manusia dan kebudayaan) terkait teknisnya itu. Alhamdulillah ada kesanggupan untuk menyederhanakannya. Jadi kita tunggu saja seperti apa perubahannya,” timpalnya.

Pada bagian lain Mulyadi menyinggung terkait progres pembentukan dan penerbitan rekening Pokmas Plus saat ini. Ia menyebutkan, posisi sementara Pokmas Plus yang telah diterbitkan SK pengangkatannya oleh kepala desa di tiap wilayah sebanyak 163 kelompok.

Sementara rekening Pokmas yang telah diterbitkan oleh pihak bank penyalur sebanyak 124 rekening.

“Sisanya baru kita ajukan. Mudah-mudahan satu, dua hari ini selesai juga,” harapnya.

Pemda KSB sendiri akan membentu sebanyak 193 Pomkas Plus untuk mengelola program dana stimulan rehabilitasi rumah warga korban gempa itu.

Mulyadi menyebutkan, masih tersisa sebanyak 30 Pokmas yang belum di SK-kan itu terutama di kecamatan Sekongkang dan Maluk.

“Di sana juga kebetulan sedikit warga yang terdampak. Tapi yang parah terdampak semua Pokmas-nya sudah terbentuk,” klaimnya.

Untuk diketahui, Pokmas Plus yang ditugasi mengelola dana bantuan stimulan rehabilitasi rumah warga korban gempa ini sama halnya dengan Pokmas sesuai amanat dan petunjuk Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Keberadan para agen Program Daerah Pembedayaan Gotong Royong (PDPGR) dalam Pokmas, untuk membantu masyarakat korban gempa agar pelaksanaan rehabilitasi rumah berjalan lancar di tingkat lapangan.(EZ/*)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.