RISHA untuk Korban Gempa di Sumbawa Mulai Dibangun

Kabar NTB, Sumbawa — Bupati Sumbawa, HM. Husni Djibril, meresmikan pemasangan panel Rumah Instan Sederhasan Sehat (RISHA) yang diperuntukkan bagi korban gempa, di halaman kantor Camat Alas Barat, Senin 2 Oktober 2018.

Pemasangan panel oleh bupati itu merupakan tanda  dimulainya pembangunan awal Rumah bantuan untuk korban bencana gempa bumi di kabupaten Sumbawa.

Bupati HM Husni Djibril  menjelaskan, gempa yang bermagnitudo 7,0 SR pada tanggal 19 Agustus lalu, telah mengakibatkan 4 kecamatan mengalami kerusakan yang cukup parah. Tercatat sebanyak 7 orang meninggal dunia, 684 orang luka-luka, dan 49.188 orang harus tinggal di tenda-tenda pengungsian.

Bupati Sumbawa, HM Husni Djibril memasang panel RISHA yang mengawali proses pembangunan rumah bagi korban gempa

“Sebanyak 9.040 unit sarana permukiman dan 230 unit sarana pendidikan, kesehatan dan keagamaan juga mengalami kerusakan,” ujarnya.

Bupati, atas nama Pemerintah dan seluruh masyarakat Kabupaten Sumbawa menyampaikan apresiasi dan menyambut baik program pembangunan RISHA tersebut. Ia menegaskan, untuk menangani dampak gempa yang melanda Kabupaten Sumbawa, Pemerintah Daerah tidak mampu bekerja sendiri tanpa support dan solidaritas dari pihak-pihak terkait lainnya, khususnya Kementerian PUPR dan BNPB.

“Kami sangat berterimakasih atas perhatian dan kepeduliannya dalam membantu pemerintah daerah, membangun Rumah Instan Sederhana Sehat ini. Insya allah rumah ini nantinya akan sangat bermanfaat, terutama bagi masyarakat kita yang terdampak gempa,” ujar Bupati.

Sebelumnya, Direktur Pengembangan Kawasan Pemukiman Kementerian PUPR, Didiet Arief Hidayat, menyampaikan bahwa RISHA merupakan bangunan yang aman, telah teruji dan sudah ada buktinya dilapangan. Dikatakan, Kementerian PUPR juga telah mendatangkan tenaga ahli untuk melakukan pendampingan bagi korban dan memastikan rumah yang dibangun bebas gempa.

Sementara itu, Kolonel Anggit Exton selaku Dan Sektor IV/Sumbawa menyampaikan, kehadirannya ditugaskan untuk mendukung dan membantu percepatan pembangunan, rehabilitasi dan rekonstruksi korban gempa di wilayah Sumbawa dan Sumbawa Barat yang termasuk dalam sektor IV. Dijelaskan, RISHA merupakan rumah yang ditentukan oleh Kementerian karena telah diuji secara laboratorium tahan gempa.

“Diharapkan masyarakat korban gempa aktif dalam membantu, dengan membuat kelompok-kelompok untuk membangun rumah sendiri, yang secara teknis akan didampingi oleh tenaga ahli dan TNI,” katanya.(JK)

iklan

Komentar