Sekolah Adat Rengganis Hadirkan Nuansa Adat dalam Perayaan Maulid Nabi

KabarNTB, Lombok Tengah – Pemuda Pelopor Kecamatan Pujut, Lombok Tengah, merayakan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW Selasa 20 Nooember 2018.

Kegiatan yang dipusatkan di Desa Kuta, Kecamatan Pujut tersebut dimulai sejak pukul 07.00 WITA dengan menggelar berbagai acara diantaranya tausiah mengenang napak tilas sejarah Nabi Muhammad SAW dan karnaval.

Para siswa sekolah adata Rengganis dalam kegiatan karnaval perayaab Maulid Nabi

Yang menarik, sekolah Adat Rengganis salah satu peserta dalam karnaval, menyajikan nuansa berbeda dalam perayaan Maulid Nabi kali ini, selain iringan-iringan musik gendang belek.

Sekolah Rengganis menghadirkan perayaan Maulid tempo dulu yang dilaksanakan oleh masarakat Suku Sasak.

“Konsep yang kami usung ini sarat dengan adat istiadat dengan tetap mengedepankan substansi maulid Nabi,” ungkap Juanda Pramadani, selaku perwakilan pemuda pelopor tingkat provinsi NTB yang juga Ketua Yayasan Sekolah Adat Rengganis disela-sela kegiatan dimaksud.

Perayaan maulid Nabi yang sangat berbeda ini mengundang antusiasme warga sekitar yang begitu besar. Masyarakat seolah digajak terlibat dalam perayaan Maulid yang dilaksanakan Suku Sasak berpuluh-puluh tahun yang lalu.

“Kegiatan yang memadukan unsur adat dan budaya dalam prosesi keagamaan, seperti Maulid Nabi ini sangat jarang bahkan tidak pernah dilaksanakan sehingga sangat menarik dan edukatif untuk masarakat,” lanjut Juanda.

Perayaan Maulid Nabi yang dilaksanakan Pemerintah Kecamatan melalui kegiatan pemuda pelopor ini bertujuan mengajak masyarakat untuk tetap mempertahankan adat dan tradisi yang tidak bisa dipisahkan dari Agama Islam sebagai keyakinan warga Susu Sasak.(LM Anshory)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.