Kelurahan di Sumbawa Hanya Terima Masing-masing 600 Juta Dana Kelurahan

KabarNTB, Sumbawa – Masing – masing kelurahan di Kabupaten Sumbawa hanya mendapat alokasi Dana Kelurahan sebesar Rp 600 juta.

“Untuk 9 kelurahan yang ada di dalam kota Sumbawa, direncanakan akan mendapat masing-masing Rp 600 juta saja. Jumlah itu mengacu pada jumlah penerimaan dana desa (DD) terendah yang diterima oleh desa yang ada di Kabupaten Sumbawa,” ungkap Kepala Bagian Pemerintahan Setda Sumbawa Varian Bintoro.

Ilustrasi

Ia menjelaskan, tahun 2019 ini, pemerintah mengalokasikan total sebesar Rp 3 triliun untuk 8.122 Kelurahan di Indonesia. Mekanisme penyalurannya melalui dana alokasi umum (DAU) yang dianggarkan di Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2019.

Pemerintah pusat mengelompokkan kelurahan menjadi tiga kategori, yaitu kelompok kelurahan yang sudah baik, kelompok kelurahan yang masih sedang, dan kelompok kelurahan tertinggal.

“Seluruh dana kelurahan digunakan untuk pembangunan sarana dan prasarana. Kelurahan-kelurahan yang masih dalam kondisi yang tidak baik, dipakai untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pekerjaan, seperti dana desa,” imbuh Varian.

Ia berharap dengan adanya dana kelurahan tersebut, para Lurah maupaun masyarakat dapat memanfaatkannya dengan sebaik mungkin, menginggat dana tersebut semata-mata untuk kepentingan umum, meski sebahagian kecilnya bisa dimanfaatkan untuk biaya administrasi.(JK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.