MTQ Ke XV Tingkat Kecamatan Brang Rea Resmi Dibuka

KabarNTB, Sumbawa Barat – Musbaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke XV Tingkat Kecamatan Brang Rea, resmi dibuka oleh Camat Brang Rea, A Rahim didampingi unsur Muspika setempat, di Lapangan Dusun Bree Desa Sapugara Bree Jumat malam 29 Maret 2019.

Ketua Umum Pelaksanaan MTQ Tingkat Kecamatan Brang Rea, Andi Subandi, dapak laporannya menyampaikan bahwa Kegiatan MTQ XV ini di ikuti ratusan peserta yang merupakan kapilah dari seluruh desa yang ada di Kecamatan Brang Rea.

“Ini merupakan kegiatan tahunan tapi kita berharap kegiatan ini bukan hanya simbol kegiatan rutinitas tapi betul – betul dimaknai sebagai ajang dalam kita mencari generasi Qur’ani di Kecamatan Brang Rea,” ujar Kepala Desa Sapugara Bree itu.

Pemukulan gong oleh Camat Brang Rea didampingi Muspika sebagai tanda pembukaan MTQ XV

Kades mantan mantan wartawan ini, menyatakan generasi qurani itu harus dimaknai sebagai bagian dari generasi milineal yang tentu memiliki jiwa yang selalu menjadikan Alquran dan Alhadist sebagai pedoman dalam kehidupan sehari – hari.

“Ayo kita jadikan Alquran sebagai santapan rohani kita minimal kita baca satu ayat setiap hari minimal di rumah kita dan juga kita isi pengajian majlis taklim di masjid – masjid,” ajaknya.

Kegiatan MTQ dihajatkan sebagai momentum memupuk kebersamaan dalam membangun Kabupaten fitrah dengan semangat bergotong royong dengan prinsip dasar Ikhlas Jujur dan Sungguh – Sungguh (IJS).

Ketua panitia MTQ XV yang juga Kades Sapugara Bree, Andi Subandi

“MTQ ini juga diharapkan mendorong pentingnya generasi muda untuk memiliki motivasi tinggi dalam mempelajari, menggali, dan mengamalkan isi kandungan Al-Qur’an. Sehingga membuat kehidupan lebih damai dan religius,” pungkas Andi sembari menyampaikan terimakasih atas dukungan semua pihak atas terlaksananya kegiatan itu.

MTQ keXV memperlombakan 13 cabang, diantaranya Tilawah Anak Putra dan Putri, Tilawah Remaja Putra dan Putri, Tilawah Dewasa Putra dan Putri, Tartil Putra dan Putri.

Camat Brang Rea A. Rahim, dalam sambutannya mengungkapkan rasa senang dan bangga atas pelaksanaan MTQ tingkat Kecamatan Brang Rea tahun ini. Karena menurutnya, acara MTQ ini sudah sejalan dengan program Pemkab Sumbawa Barat, serta diiringi dengan kebijakan Bupati Sumbawa Barat tentang Program Tuntas Baca Al-Qur’an (TBA).

“Untuk menumbuhkembangkan pemahaman dan pengamalan Al-Qur’an, MTQ ini juga sebagai wadah seleksi di tingkat Kecamatan, untuk itu acara MTQ ini lebih semarak dari tahun sebelumnya,” ungkapnya.

Acara dilanjutkan dengan pelantikan dewan hakam MTQ oleh Camat dirangkaikan dengan pemukulan gong genang sebagai tanda acara MTQ resmi di buka.
Acara pembukaan juga dimeriahkan dengan pementasan karya tari kontemporer dari siswa SDN Bree dan di lanjutkan dengan pertunjukan dari sisawa siswi SDN Sapugara yang menampilkan Musik Ansambel.(Ndi/*)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.