Kebakaran Landa Kawasan Gunung Rinjani

KabarNTB, Lombok Timur – Kawasan hutan Gunung Rinjani, Kabupaten Lombok Timur, NTB, mengalami kebakara.

Berdasarkan keterangan Danramil 1615-10/Sembalun Lettu Inf Abdul Wahab, lokasi hotspot Jempong Borok pada koordinat S 08°20’20.4 E 116°28’35.5 bertempat di Pos 4 Pelawangan Kecamatan Sembalun dan sampai saat ini lokasi kebakaran diperkirakan sudah mencapai ribuan hektar.

Hingga Senin malam 21Oktober 2019, kata Wahab, api masih terlihat jelas dan merembet hingga ke Pos II dan I puncak Gunung Rinjani.

“Selain tumbuhan dan rumput yang sudah kering, api dengan cepat meluar karena angin yang bertiup kencang,” ujarnya.

Personil TNI dan Polri terus berupaya memadamkan kebakaran di jalur pendakian kawasan Gunung Rinjani

Sementara Danramil 1606-02/Bayan Kapten Inf Turmuzi mengatakan pihaknya bersama anggota Polres Lombok Utara melakukan pemadaman di jalur pendakian Senaru Pos 2 dan Pos 3. Namun api di jalur pendakian barat dan jalur timur belum bisa di padamkan.

“Kondisi pendakian di dua tempat tersebut harus ditempuh melalui dusun yang berbeda. Jalur barat harus melalui Dusun Semokan Desa Sukadana dan jalur pendakian sebelah timur harus naik dari Dusun Torean Desa Loloan Kecamatan Bayan dengan medan yang cukup sulit untuk memadamkan api,” terangnya.

Sementara Danrem 162/WB, Kolonel Czi Ahmad Rizal Rhamdani, meminta kepada seluruh Dandim jajaran untuk terus berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah setempat dan Kepolisian untuk mengambil langkah-langkah kongkret dalam pemadaman kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

“Kondisi saat ini, kita harus bergerak cepat untuk menanggulangi Karhutla yang terjadi dengan mengerahkan personel bersama-sama dengan Pemda dan Kepolisian serta masyakat bersatu padu dalam penanganan Karhutla,” tegasnya.(EZ)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.