Ketua Komisi I Sindir Anggota Dewan Tebang Pilih Undang Warga di Reses

KabarNTB, Sumbawa Barat – Anggota DPRD Sumbawa Barat dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Amiruddin Embeng, menyindir anggota DPRD yang melaksanakan reses (penyerapan aspirasi) dan hanya mengundang orang yang memilihnya di Pemilu untuk hadir.

Berbicara dihadapan ratusan warga dalam reses di Kelurahan Menala, Kota Taliwang, Kamis malam 16 Oktober 2019, Embeng menyatakan sikap anggota DPRD seperti itu telah salah kaprah memaknai konstituen.

“Mereka menganggap hanya orang yang telah memilihnya (di Pemilu) sebagai konstituen. Padahal ketika sudah dilantik menjadi anggota DPRD, semua warga dalam satu Dapil tempat dia mencalonkan diri itulah konstituen. Jadi tidak bisa dibeda-bedakan,” cetusnya.

Kegiatan reses Ketua Komisi I DPRD KSB, Amiruddin Embeng di Kelurahan Menala

“Mungkin merasa sayang uang amplop reses kalau harus diberikan kepada masyarakat yang tidak memilihnya,” sebut Embeng berseloroh, disambut riuh warga.

Politisi yang juga Ketua Komisi I itu, mengatakan jika mau jujur, meski dirinya asli lahir di Kelurahan Menala, namun saat Pemilu lalu, warga Menala yang memilihnya bisa dihitung dengan jari. Padahal dari seluruh kelurahan dalam Kota Taliwang, jumlah pemilih terbesar ada di Kelurahan Menala.

“Ini fakta. Tapi apakah dengan pemilih saya yang sangat sedikit di Menala ini, lalu saya tidak mengunjungi warga Menala? tidak begitu. Masyarakat mesti dicerdaskan. Karena sejatinya seluruh masyarakat di Dapil 1 adalah konstituen saya meski tidak memilih saya,” bebernya.

Embeng menegaskan, hakekat memilih di Pemilu adalah agar masyarakat memiliki wakil sebagai penyambung lidah untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat di DPRD.

“Tapi saya harapkan masyarakat Menala tidak berkecil hati. Meski bapak ibu tidak memiliki wakil di DPRD, ada saya yang selalu bersama masyarakat Menala,” imbuhnya.

Pada kesempatan tersebut warga secara bergantian menyampaikan usulan program. Mulai dari saluran air, lampu penerangan jalan, sound system, hingga alat prasmanan untuk keperluan ibu – ibu di sembilan RT di Lingkungan setempat. Embeng juga memberikan bantuan tunai kepada para pemuda Kelurahan Menala untuk kegiatan pemasangan lampu penerang di jembatan setempat.

Sebelumnya, Embeng menggelar reses di Kantor Kelurahan Telaga Bertong yang dihadiri oleh ratusan warga setempat.(EZ)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.