Pordasi KSB Terbentuk, Lahan 10 Hektar untuk Arena Pacuan Kuda Langsung Disiapkan

KabarNTB, Sumbawa Barat – Para penggemar olahraga berkuda di Kabupaten Sumbawa Barat akhirnya memiliki organisasi tempat bernaung. Setelah sekian lama Pengurus Cabang Persatuan Olahraga Berkuda (Pordasi) Kabupaten Sumbawa Barat, akhirnya terbentuk pada Selasa 29 Oktober 2019.

Dari pertemuan yang dihadiri sejumlah pencinta olahraga berkuda di KSB, Ketua Komisi I DPRD Sumbawa Barat, Amiruddin Embeng, terpilih secara aklamasi untuk memimpin Pordasi KSB. Embeng didampingi oleh Haerul Djibril, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) KSB sebagai sekretaris.

Usai terbentuk, pengurus Pordasi KSB langsung action. Menurut Embeng, salah satu prasyarat untuk memajukan olahraga berkuda adalah keberadaan arena pacuan.

Amiruddin Embeng, Ketua Pordasi Sumbawa Barat

Untuk itu Pordasi KSB telah menetapkan lahan seluas 10 hektar di wilayah Labuhan Balad Taliwang yang akan dibangun sebagai arena.

“Kami sengaja memilih lokasi dekat dengan pantai, karena target jangka panjang kami akan memadukan antara olahraga berkuda dengan pariwisata. Kita tahu bahwa pantai Balad saat ini terus dibenahi sebagai salah satu destinasi wisata di KSB. Jika arena ini jadi kelak, bisa jadi arena pacuan kuda yang indah,” ujar Embeng saat meninjau lokasi arena pacuan di kawasan Pantai Balad, Rabu siang 30 Oktober 2019.

Ia menyatakan optimis, jika dikelola dengan baik dibarengi dengan pelaksanaan event secara rutin, pacuan kuda yang selama ini menjadi salah satu olahraga khas Tana Samawa selain Barapan Kebo (karapan kerbau), bisa berpengaruh positif untuk pengembangan sektor pariwisata KSB.

“Pariwisata kan tidak hanya berbicara pantai yang indah atau ombak menantang, tetapi kearifan lokal seperti olahraga berkuda ini juga bisa menjadi magnet untuk menarik minat wisatawan. Tinggal bagaimana kita mengelolanya agar memiliki nilai jual,” imbuhnya.

Embeng mengajak masyarakat, khususnya para pecinta olahraga berkuda untuk ikut ambil bagian dan bersatu dalam membesarkan Pordasi Sumbawa Barat agar kedepan olahraga berkuda tidak hanya sekedar hoby, tetapi juga bisa mendatangkan dampak ekonomi bagi masyarakat.

“Sekarang kita fokus untuk pengadaan arena pacuan dulu sembari melengkapi kepengurusan organisasi. Insya Allah tahun 2020 mendatang, kita akan menggelar event di arena pacuan pantai Balad Taliwang,” demikian Embeng.(EZ)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.