Wagub Buka Musda Gerakan Pramuka Kwarda NTB

KabarNTB, Lombok Barat – Wakil Gubernur, Hj Sitti Rohmi Djalilah, menyatakan gerakan pramuka memiliki fungsi stategis sebagai pusat pembentukan karakter dan pembinaan mental anak bangsa, termasuk di NTB.

“Saya sangat ingin NTB ini juga menjadikan Pramuka, sebagai salah satu kegiata ekstra, yang betul-betul memiliki fungsi strategis, salah satunya pembentukan karakter. Pramuka menjadi tempat yg sangat baik untuk membimbing serta membina mental supaya bisa survive,” ujar Wagub, saat membuka Musyawarah Daerah (Musda) 2019 Gerakan Pramuka Kwartir Daerah NTB, yang terselenggara di Hotel Jayakarta, Jumat sore 25 Oktober 2019.

Dalam Musda yang bertajuk “Kiprah Kwarda Gerakan Pramuka Menyukseskan NTB Gemilang” ini, Wagub menyampaikan apresiasi kepada Pramuka yang berperan sangat strategis dalam pembentukan karakter bangsa dan Pramuka sangat konsisten dalam hal itu.

Ia juga menyampaikan rasa terimakasih Pemerintah Provinsi NTB, atas kontribusi Kwarda NTB selama ini. Ia berharap Pramuka dapat mendukung program-program unggulan Pemprov, utamanya yang bersinggungan langsung dengan Pramuka.

Wakil Gubernur NTB, Hj Sitti Rohmi Djalillah menandatangani prasasti di acara pembukaan Musda Gerakan Pramuka Kwarda NTB

“Ke depan kita harus menyediakan mitigasi bencana yang baik, mengingat daerah kita memiliki risiko bencana yang cukup tinggi. Tapi hal itu bukanlah menjadi masalah, akan tetapi hal yang utama adalah bagaimana kita mempersiapakan diri, untuk bisa menghadapi potensi itu dengan tenang, serta tahu apa yang harus dilakukan,” terangnya.

Wagub juga mengingatkan bahwa terwujudnya program zero waste tidak kalah penting. Edukasi pemilahan sampah dari rumah amatlah perlu. Karena itu, Pramuka dapat menjadi yang terdepan, dalam mengkampanyekan dan mengedukasi masyarakat, dan bersama-sama menuju NTB Gemilang.

Sementara itu, Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka NTB, H. Rosiyadi H. Sayuti, menyampaikan ke depan agar Kwarda NTB dapat terlibat dalam kegiatan-kegiatan Nasional dan Internasional.

“Kalau mungkin juga pada 2021 pada saat MotoGP ada di KEK Mandalika, Pramuka juga turut ambil bagian, mengambil salah satu bagian program perkemahan internasional seperti, menjadi tuan rumah perkemahan Pramuka se Asia-Pasifik,” tutup Ketua Kwarda NTB atau akrap disapa Kak Ros.

Pada kegiatan tersebut Wagub menyerahkan piagam penghargaan kepada 10 Kwartir Cabang se-NTB. Yakni, Kwarcab Bima, Kwarcab Kota Bima, Kwarcab Dompu, Kwarcab Sumbawa, Kwarcab Sumbawa Barat, Kwarcab Lotim, Kwarcab Loteng, Kwarcab Lobar, Kwarcab KLU dan Kwarcab Mataram.(VR/*)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.