Semua Etnis Terlibat di Lounching Pilkada Sumbawa 2020

KabarNTB, Sumbawa – Pelepasan balon oleh Sekretaris Daerah Kab. Sumbawa, H. Hasan Basri, bersama dengan Ketua KPU Provinsi NTB, Suhardi Soud dan Ketua KPU Sumbawa, diiringi pemukulan rantok, kul kul dan balon tepuk menandai launching Pilkada Kabupaten Sumbawa Tahun 2020, Sabtu 23 Nopember 2019.

Di acara yang dipusatkan di Halaman Kantor KPU Sumbawa itu, bupati dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Sekda H Hasan Basri, menyampaikan bahwa bahwa Pilkada yang akan dilaksanakan nanti merupakan bagian dari pembangunan politik dan demokrasi di masyarakat. Pembangunan bidang politik itu sendiri merupakan bagian integral dari pembangunan bangsa dan negara.

“Keberadaan semua unsur pelaksana Pilkada dari tingkat pusat sampai ke tingkat paling bawah memiliki peran yang sangat strategis bagi tujuan dan arah pembangunan politik dan demokrasi tersebut,” jelasnya.

Menurut Bupati, lounching Pilkada Sumbawa 2020 penting, karena menjadi momentum bagi masyarakat Sumbawa untuk memilih kepala daerah secara massif yang terorganisir dan terstruktur. Oleh sebab itu, seluruh elemen masyarakat perlu memahami berbagai aturan yang terkait dengan pilkada tersebut.

Perwakilan seluruh etnis berfoto bersama usai acara lonching Pilkada Sumbawa 2020, Sabtu 23 Nopember 2019

“Dengan pemahaman aturan secara baik, dibarengi niat dan i’tikad untuk membangun daerah dan bangsa tercinta ini, saya yakin kita akan mampu melaksanakan amanah untuk menyelenggarakan pilkada sesuai dengan asas-asas penyelenggaraan pilkada yang bersih dan bebas dari korupsi serta efisien dan efektif,” imbuhnya.

Terkait hal tersebut, Bupati berharap agar kegiatan ini dapat terselenggara dengan baik, dalam pengertian nantinya dapat ditindaklanjuti dan diaplikasikan dengan penuh tanggung jawab.

Sementara itu, Ketua KPU Provinsi NTB, Suhardi Soud, menyatakan bahwa atraksi yang ditampilkan oleh lintas etnis di acara tersebut menunjukkan bahwa penerimaan masyarakat Sumbawa terhadap elemen yang berasal dari luar sudah menjadi inheren dari kehidupan berdemokrasi di Kabupaten Sumbawa.

“Hal ini menjadi dukungan baik bahwa seluruh dukungan dari orang Sumbawa atau tau samawa ditambah dengan rekan-rekan etnis menjadi dukungan yang kuat bagi KPU untuk menyelenggarakan Pilkada 2020,” kata Suhardi.

Disampaikan, bahwa situasi aman dan demokratis harus terus dipertahankan untuk melahirkan pemimpin-pemimpin yang dapat menjalankan amanah dengan baik. Dengan situasi seperti itu akan menjadi tantangan bagi penyelenggara pemilu, karena syarat dari aman, demokratis, dan berintegritasnya sebuah penyelenggaran pemilu sangat ditentukan oleh penyelenggara pemilu.

Sebelumnya, Ketua KPU Sumbawa M. Wildan, dalam laporannya menyampaikan bahwa launching bertujuan menginformasikan kepada seluruh masyarakat Sumbawa bahwa tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa tahun 2020 segera dan akan dimulai sampai dengan nanti penetapan Bupati terpilih.

“KPU Sumbawa merasa bangga dan teristimewa, karena diberi dukungan oleh seluruh etnis yang ada di Sumbawa dan semuanya berpartisipasi dan siap menyukseskan pilkada 2020,” ucapnya.

Wildan menambahkan, keterlibatan semua elemen penting untuk tercapainya tujuan bersama yaitu menciptakan Sumbawa PANDAI (Partisipatif, Aman, Damai, dan Berintegritas). Diakhir laporannya Ketua KPU berharap agar masyarakat menggunakan hak pilihnya untuk mensukeskan Pilkada 2020.(JK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.