Dalam Sepekan Terakhir BNN KSB Tiap Hari Laksanakan Tes Urine ASN

KabarNTB, Sumbawa Barat — Upaya pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan Narkoba oleh Pemda Kabupaten Sumbawa Barat terus digalakkan.

Dalam satu pekan hari terakhir, Badan Narkotika Nasional (BNN) KSB setiap hari melakukan tes urine terhadap ASN dan aparatur lainnya atas permintaan dinas/intansi di lingkup Pemda. Rabu 18 Desember 2019, giliran para ASN di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) yang dites urine.

Kepala Bappeda, drh Haerul Djibril dan Sekban Mars Anugerahinsyah menjadi pelopor kegiatan tes urine dimaksud. Semua aparatur yang bertugas di Bappeda Litbang di absen satu persatu. Bahkan ASN yang tidak berada di kantor tetapi tidak sedang tugas dinas ke luar daerah diminta dijemput.

Suasana tes urine pegawai di kantor Bappeda Litbang KSB

“Ini sebagai bentuk komitmen kami menciptakan lingkungan kerja yang bebas Narkoba. Hari ini sebanyak 48 aparatur yang menjalani tes urine, karena beberapa orang sedang tugas dinas dan ada yang sedang sakit,” ungkap Sekban Bappeda Litbang, Mars Anugerahinsyah.

Bappeda, kata Mars, mewajibkan semua pegawai untuk ikut tes urine, karena itu bagi pegawai yang belum menjalani tes akan dijadwalkan menyusul.

Tes urine yang dilaksanan BNN dengan sasara ASN dan pegawai lingkup Pemda KSB dalam satu pekan terakhir setiap hari dilaksanakan. Sebelumnya tes urine telah menyasar ASN di Dinas Dikpora, Dinas Kesehatan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH), RSUD Asy Syifa, DPMD, Dinas Perhubungan dan Setwan beserta pimpinan dan para anggota DPRD.

“Tes urine dilaksanakan atas permintaan dinas / intansi. Besok (kamis) juga akan kita laksanakan di instansi berbeda,” ungkap Kepala BNN KSB, AKBP Cheppy Ahmad Hidayat kepada sejumlah wartawan di kantor Bappeda Litbang KSB.

Untuk hasil tes urine, BNN Sumbawa Barat, sambung Cheppy, tidak berwenang untuk mempublikasikannya. Hasil dimaksud diserahkan BNN kepada kepada dinas/instansi bersangkutan.

“Itu kewenangan dinas / instansi bersangkutan, bisa ditanyakan langsung karena kami tidak bisa mempublish,” katanya.

Selain tes urine terhadap ASN, BNN KSB juga melaksanakan tes urine terhadap pegawai dan pengunjung tempat hiburan malam yang berlokasi di sekitar Balad, Kecamatan Taliwang.

“Dari 86 pegawai cafe dan pengunjung di enam kafe yang kita datangi dan dites urine semuanya negatif,’’ ungkapnya.(EZ)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.