Di Lombok Barat Hari Juang TNI Diperingati dengan Reboisasi

KabarNTB, Lombok Barat – Kodim 1606/Lobar melaksanakan penghijuan (reboisasi) bekerjasama dengan BPDASHL, Lingkungan Hidup Dodokan Moyosari, Pemdes Bengkaung dan instansi terkait di bukit dan lahan kosong Desa Bengkaong Kecamatan Batulayar Lombok Barat, Senin 9 Desember 2019.

Kegiatan reboisasi ini dalam rangka menyambut Hari Juang TNI AD ke 74 tahun 2019 dengan tema TNI Agkatan Darat Adalah Kita.

Komandan Kodim 1606/Lobar Kolonel Czi Efrijon Kroll, dalam pengarahan kepada seluruh peserta reboisasi, menyampaikan hutan Indonesia merupakan hutan tropis yang sangat luas dan dianggap sebagai paru-paru dunia.

Di Provinsi NTB, kondisi hutan sangat memprihatinkan karena adanya degradasi hutan dan lahan yang disebabkan oleh illegal logging, penjarahan hutan dan alih fungsi lahan.

“Untuk itu, hari ini kita bersama-sama melakukan upaya pemulihan dan pengurangan laju deforestasi melalui pembangunan hutan tanaman industri dan pembangunan hutan tanaman rakyat,” kata Dandim.

“Demikian juga dengan kondisi lingkungan hidup dari waktu ke waktu kualitasnya semakin menurun karena adanya pencemaran lingkungan dan bahkan terjadi kerusakan lingkungan yang menimbulkan konflik sosial,” tambahnya.

Menurutnya, bencana alam yang terjadi dibeberapa daerah banyak disebabkan oleh rusaknya hutan dan lingkungan akibat ulah manusia yang tidak bertanggung jawab. Kondisi tersebut menyebabkan fungsi hutan sebagai penyerap air dan penyangga lahan tidak berfungsi dengan baik sehingga menimbulkan banjir dan tanah longsor pada musim hujan maupun bencana kekeringan saat musim kemarau.

“Malalui kegiatan ini, Kodim bersama instansi terkait dan masyarakat akan melaksanakan gerakan penanaman pohon sebagai langkah nyata dalam penanggulangan kerusakan hutan dan lingkungan,” pungkasnya.

Adapun jenis bibit pohon yang ditanam antara lain durian 100 pohon, kemiri 100 pohon, nangka 100 pohon dan bibit sengon sebanyak 5000 pohon.

Dilokasi penanaman pohon juga hadir, Kapolres Lombok Barat AKBP Bagus Satrio Wibowo, Pabung 1606/Lobar, para Pasi dan Danramil Kodim Lobar, Muspika Batulayar, Persit KCK Cabang XXV Lobar dan masyarakat setempat.(EZ)

iklan

Komentar