Dinas Arpus KSB Jadi Tuan Rumah Bintek Pemantapan Inlislite Provinsi NTB

KabarNTB, Sumbawa Barat – Belasan anggota Forum Inlislite se-Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) mengikuti kegiatan Bimtek Pemantapan Inlislite yang diselenggarakan Forum Inslite NTB dan dipusatkan di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Rabu 4 Desember 2019.

Inlislite adalah aplikasi otomasi perpustakaan yang dibangun dan dikembangkan oleh Perpusnas menuju Perpustakaan Digital.

“Pertemuan anggota Forum Inlislite Provinsi NTB yang dipusatkan di KSB merupakan pertemuan perdana setelah Forum dibentuk tahun lalu,” ungkap Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan KSB, Gusnaini S.Pd, di sela-sela kegiatan.

Para anggota Forum Inslite NTB berdiskusi dalam Bintek Pemantapan Inslislite yang dilaksanakan di Kantor Dinas Arsip dan Perpustakaan KSB (4/12)

Ia menjelaskan, selain sebagai ajang silaturahmi antar anggota Forum Inlislite se Provinsi NTB, kegiatan tersebut juga dalam rangka penyusunan program kerja untuk keberlangsungan forum kedepan, serta sebagai media monitoring dan evaluasi pengaplikasian Inlislite di perpustakaan berbasis otomasi dan media diskusi terkait permasalahan atau kendala dalam pengaplikasian Inlislite.

“Kegiatan ini merupakan bagian dari supervisi yang dilaksanakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi NTB, kepada perpustakaan kabupaten/ kota dan perpustakaan instansi di wilayah Nusa Tenggara Barat,” imbuh Gusnaini, menjelaskan.

15 orang anggota Forum Inslislite NTB hadir menjadi peserta dalam Bintek dimaksud. Mereka merupakan perwakilan dari Kota Mataram, Kabupaten Lombok Utara, Kabupaten Lombok Timur, Kota Bima, Kabupaten Dompu, Kabupaten Sumbawa dan KSB sebagai tuan rumah.

“Dengan adanya pemanfaatan dan optimalisasi aplikasi perpustakaan, kedepan diharapkan akan mempermudah serta memperluas akses terhadap bahan pustaka di era digital selain merupakan upaya untuk peningkatan pelayanan prima bagi para pemustaka,” demikian Gusnaini.(EZ)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.