PBB Sebut Tidak Maju, Kyai Syamsul : “Pilkada Final Ketika Mendaftar di KPU”

KabarNTB, Sumbawa Barat – Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Sumbawa Barat, KH Syamsul Ismain, menanggapi santai pernyataan Ketua DPC PBB, Agusfian Agung yang menyatakan dirinya tidak maju di Pilkada KSB 2020.

Dihubungi via sambungan telephon, Senin malam, 30 Desember 2019, Kyai Syamsul yang juga pengasuh Pondok Pesantren Himmatul Ummah, Desa Sapugara Bree, Kecamatan Brang Rea, menyatakan, prinsipnya maju atau tidak maju yang terpenting komunikasi dan silaturahmi dengan semua pihak berjalan baik.

“Masalah maju atau tidak maju kan sudah ditakdirkan Allah. Jadi dalam politik ini kan serba memungkinkan, sangat dinamis. Nanti ketika pendaftaran di KPU baru kita lihat akhirnya. Kalau sekarang ini kan ada yang saling sembunyi, ada yang terbuka, semua hal bisa terjadi,” urainya sembari tertawa.

KH Syamsul Ismain (foto: FB@Syamsul Ismain)

Berarti sikap final Kyai Syamsul terkait Pilkada nanti setelah proses pendaftaran di KPU ?.

“Kalau pilkada ini kan finalnya di KPU, bukan di partai. Saya lihat perkembangan partai ini cukup dinamis, semua partai tentu ingin besar kedepan. Ya masalah klaim mengklaim itu sah-sah saja. Tapi tetap kita bangun komunikasi itu,”. “Tapi saya sampai sekang masih kosong, ‘jomblo’ ini. Jomblo partainya. Saya masih di MUI saja,” sergahnya, masih sambil tertawa.

Terkait PBB sendiri, Kyai Syamsul mengakui dirinya dari awal mendorong untuk membangun komunikasi dengan parpol dan figure lain, termasuk petahana (Firin – Fud). Kendatipun Ia akhirnya maju di Pilkada dan PBB tidak mengusungnya, Kyai Syamsul menegaskan tidak masalah, karena prinsipnya partai hanyalah kendaraan.

“Kita berjiwa besar lah. Kalau PBB melihat yang lebih baik, segera ambil langkah. Jangan bertumpu hanya kepada saya, tidak boleh. Saya juga manusia, disana juga beliau (petahana) bagus. Nah kemana nanti sekiranya partai ini bisa besar dan kader-kader bisa berinovasi ya tidak ada masalah,” demikian Kyai Syamsul Ismain.

Sebelumnya, Ketua DPC Partai Bulan Bintang (PBB) Kabupaten Sumbawa Barat, Agusfian Agung menyatakan PBB tidak mendorong KH Syamsul Ismain (Kyai Syamsul) untuk maju di Pilkada 2020.

“Secara terbuka kami katakan, PBB tidak mendorong Kyai Syamsul Ismain,” ujar Agung, kepada wartawan usai pembukaan Musyawarah Cabang (Muscab) DPC PBB di Taliwang, Senin 30 Desember 2019.

Meski demikian, Ia tidak menampik dalam beberapa waktu kebelakang ada manuver yang dilakukan kader PBB yang mendukung Kyai Syamsul untuk ikut berkompetisi sebagai bakal calon di Pilkada.

Soal manuver tersebut, Agung menjelaskan bahwa hal itu merupakan respon pengurus DPC atas keinginan Kyai Syamsul untuk maju melalui PBB. “Silahkan dicatat, Beliau mengatakan tidak maju. (Soal manuver) Kami dari PBB ini melihat respon beliau ingin maju lewat PBB. Kami sebagai pengurus partai tentu menyambut baik, apalagi beliau sudah ditetapkan sebagai wakil ketua DPW PBB NTB,” ucapnya.

“Tapi akhir-akhir ini beliau komunikasi dengan saya menyampaikan tidak maju. Mengenai alasan, silahkan teman-teman cari tau ke beliau langsung,” imbuh Agung.(EZ)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.