2.083 Pelamar dari Seluruh Indonesia Perebutkan 105 Formasi CPNS di KSB

KabarNTB, Sumbawa Barat – Sebanyak 2.083 pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang dinyatakan lulus administrasi di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) mulai mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), Kamis 30 Januari 2020.

Sejak pagi para pelamar yang mengikuti SKD sesuai jadwal yang telah ditetapkan panitia, memadati gedung Computer Assisted Test (CAT) Kantor Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Sumbawa Barat di kompleks KTC, Taliwang, tempat tes dilaksanakan.

Sebelum masuk ruangan, satu per satu peserta mengikuti proses pengambilan kartu tes, absen menggunakan sidik jari dan pemeriksaan keamanan yang dilakukan panitia dibantu aparat Polisi Pamong Praja, TNI dan Polisi.

Salah seorang peserta SKD Seleksi CPNS Kabupaten Sumbawa Barat diperiksa oleh panitia saat memasuki ruang tunggu Gedung CAT (Foto: Ferry)

Sekretaris Daerah KSB, H. Abdul Azis yang turun langsung meninjau jalannya tes SKD, mengimbau para peserta untuk jujur, tenang dan mengisi jawaban dengan baik. “Tidak usah buru-buru, tenang, agar tidak salah. Selamat mengisi soal dan sukses,” katanya kepada para peserta.

Sementara itu, Kepala BKPSDM, H. Abdul Malik, mengatakan, tes SKD menggunakan sistem CAT yang sudah diakui dunia untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar bagi pelamar CPNS. Untuk lulus ke tahapan tes selanjutnya setiap peserya wajib memenuhi passing grade (standar nilai minimal).

“Hari ini akan ada empat sesi tes, per sesi diikuti oleh 100 orang peserta, berarti satu hari ada 400 peserta yang mengikuti tes dan hari ke lima terdapat lima sesi,” ungkap Malik.

Untuk seleksi CPNS kali ini, Kabupaten Sumbawa Barat mendapat kuota sebanyak 105 formasi. Namun dari jumlah itu, tiga formasi kosong pelamar, yakni formasi dokter gigi, rekam medis, dan perawat anastesi.

Di luar gedung CAT, panitia menyiapkan layar monitor sehingga masyarakat bisa langsung memantau dan melihat nilai masing-masing peserta yang sedang mengikuti tes.

Peserta yang lulus tes SKD, selanjutnya akan mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yang akan dilaksanakan pada pertengahan Maret mendatang.

“Pelamar yang mengikuti tes CPNS di Sumbawa Barat datang hampir dari seluruh Indonesia, ada yang dari Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, seluruh Jawa serta pelamar dari seluruh NTB,” timpal Haji Malik.(Fer)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.