380 Peserta Ikut SKD CPNS Hari Pertama, 148 Berhasil Masuk Passing Grade

KabarNTB, Sumbawa Barat – Sebanyak 380 orang pelamar seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), hadir mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) hari pertama yang dilaksanakan di Gedung Computer Assisted Test (CAT) Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) KSB, Kamis 30 Januari 2020.

Para peserta dibagi dalam empat sesi, dimana setiap sesi diikuti oleh 100 orang pelamar. “Untuk pelaksanaan SKD hari pertama ini terdapat sebanyak 20 peserta yang tidak hadir,” ungkap Kepala BKPSDM KSB, HA Malik Nurdin, kepada KabarNTB disela-sela pelaksanaan tes.

Agar bisa lolos ke tahap seleksi berikutnya, para peserta ini wajib lolos passing grade (batas nilai minimal) yang ditetapkan. Untuk TWK (Tes Wawasan Kebangsaan) passing grade ditetapkan 65, TIU (Tes Intelegensia Umum) 80 dan TKP (Tes Karakteristik Pribadi) 126.

Salah satu peserta seleksi CPNS di Lingkup Pemda Sumbawa Barat nampak serius mengisi soal – soal SKD (Foto: Ferry)

Yang menarik di hari pertama SKD ini, jumlah peserta yang mampu lolos passing grade mencapai lebih dari 100 orang. “Ada sebanyak 148 orang peserta yang mampu masuk passing grade hari ini,” ungkap Haji Malik.

Bahkan untuk formasi tertentu, jumlah peserta yang mampu masuk passing grade melampaui jumlah yang dibutuhkan. Misalnya formasi Auditor. Jumlah yang dibutuhkan sebanyak 10 orang, tapi yang berhasil masuk passing grade di hari pertama diperkirakan sudah lebih dari 20 orang. Namun Haji Malik menolak untuk membuka nama-nama peserta yang berhasil lolos passing grade tersebut. Karena proses seleksi masih berjalan sampai 3 Februari mendatang dan akan diumumkan nanti setelah pelaksanaan tes rampung.

“Jadi nantinya masih akan ada proses perangkingan. Setelah hari terakhir baru bisa kami umumkan. Misalnya Auditor, berapa formasi yang dibutuhkan, berapa peserta tes, berapa yang masuk passing grade dan berapa yang tidak masuk. Tidak bisa kami umumkan sekarang karena bisa dikomplain oleh Peserta,” urainya.

Banyaknya jumlah peserta yang mampu masuk passing grade ini, diperkirakan karena passing grade untuk masing-masing item SKD sendiri lebih rendah daripada pelaksanaan seleksi CPNS tahun sebelumnya.(EZ)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.