Hujan Lebat, Fasilitas Umum dan Pemukiman di Karang Dima Sumbawa Terendam

KabarNTB, Sumbawa – Hujan lebat yang mengguyur kota Sumbawa dan sekitaranya, sejak sekitar Pukul 08.00 Wita, Sabtu 4 Januari 2020 , menyebabkan sejumlah titik ruas jalan rusak, serta fasilitas umum dan pemukiman penduduk terendam air.

“Selain itu satu unit gorong-gorong di simpang Jalan Negara wilayah Bangkong, Karang Dima, Kecamatan Labuhan Badas ambruk diterjang air yang datang dari arah perbukitan,” ungkap Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sumbawa, Ir Arahim, Sabtu siang.

Untuk wilayah pemukiman, sambungnya, yang terendam paling parah adalah sebagian besar wilayah BTN Karang Dima dan sebagian pemukiman yang berada di Pom Bensin wilayah Pemulung Desa Karang Dima. Air tersebut merupakan air yang datang akibat meluapnya Sungai Pemulung dan dari saluran drainase yang berada dan sekitar pemukiman.

Kondisi SPBU Karang Dima, Kecamatan Labuhan Badas, Sumbawa yang terendam air akibat hujan lebat sejak pagi

Arahim menghimbau kepada semua pihak, sesuai dengan surat edaran Bupati Sumbawa Nomor : 188.6/1016/ PEMB/XII/ 2019, untuk mengantisipasi bahaya bencana alam akibat cuaca ekstrem seperti banjir, angin puting beliung, longsor dan petir, diminta perhatian kepada perangkat daerah seperti, camat, lurah dan kepala desa untuk menghimbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap kemungkinan terjadinya bencana.

Jajaran pemerintah juga diminta untuk mengantisipasi dampak yang ditimbulkan oleh bencana alam seperti, munculnya wabah penyakit, kurangnya pasokan makanan dan air bersih, serta melakukan upaya mitigasi bencana sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing organisasi perangkat daerah.

“Pihak kecamatan, desa dan kelurahan agar melakukan pemantauan terhadap potensi bencana diwilayah masing-masing dan segera melapor secara tertulis kepada Supati Sumbawa. membentuk posko darurat bencana diwilayah masing-masing dan memberdayakan warga masyarakat sebagai relawan posko tersebut,” jelasnya.

Jika terjadi bencana seperti, banjir, longsor dan angin puting beliung, masyarakat diminta segera melaporkan kepada pemerintah daerah melalui contac person diantaranya: Kepala BPBD Sumbawa di 08123712798, Kepala Dinas Pekerjaan Umum PUPR di nomor 081239101310, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja 0813536969999, Kepala Dinas Sosial 08123745030 dan Kabag Pembangunan Setda Sumbawa 08123757408.(JK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.