Polda NTB Pelopori Penghijauan Lahan Eks Tambang Illegal di Bukit Prabu

KabarNTB, Lombok Tengah – Kepolisian Daerah (Polda) NTB, memelopori kegiatan penanaman pohon untuk menghijaukan kembali lahan hutan eks tambang rakyat di Desa Prabu Kecamatan Pujut, Lombok Tengah.

Kapolda NTB, Irjend Pol Nana Sudjana AS bersama Wakil Bupati Lombok Tengah, Camat Pujut dan Kades Sekecamatan Pujut turun langsung melaksanakan penanaman pada Kamis 2 Januari 2020.

Kapolda NTB mengatakan, upaya penyelamatan lingkungan dengan rehabilitasi hutan dan lahan melalui konservasi tanah dan air serta penghijauan menjadi kewajiban untuk menghindari ancaman banjir, erosi, tanah longsor dan hilangnya beberapa jenis flora dan fauna, kebakaran lahan dan hutan serta bertambahnya penduduk dan sebagainya.

“Dengan adanya lahan yang ditumbuhi pepohonan akan berfungsi melindungi lahan disekitarnya, sehingga keseimbangan alam akan dapat terjaga,” ujar Kapolda dalam sambutannya.

Kapolda NTB, Irjen Pol Nana Sudjana AS melaksanakan penanaman pohon dalam program penghijauan kembali lahan eks tambang illegal di Bukit Prabu Lombok Tengah

Menurutnya, mengingat dampak kerusakan hutan dan pemanasan global yang begitu luas, maka dibutuhkan komitmen seluruh komponen masyarakat. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah penanaman pohon karena mampu menyerap kadar CO2 dalam atmosfir serta bermanfaat ganda bagi manusia dan lingkungan.

“Saat ini upaya untuk menghutankan kembali dan memperbanyak ruang terbuka hijau belum menjadi kebiasaan masyarakat. Namun demikian peran pemerintah, termasuk institusi Polri untuk menjadi pelopor. Hal ini sesuai dengan perintah Kapolri kepada seluruh jajaran untuk melakukan penanaman pohon yang menyertakan elemen masyarakat dalam menjaga lingkungan hidup,” imbuhnya.

Kapolda NTB juga mengharapkan seluruh personil Polri membantu menyadarkan masyarakat akan pentingnya memelihara lingkungan, hutan dan alam sekitar.

Di kegiatan penghijauan lahan eks tambang illegal itu ditanam sebanyak 2.000 pohon. Progam sebagai bentuk komitmen Polri dan pemerintah dalam menghijaukan kembali lahan yang sudah gundul itu melibatkan oleh 200 personil TNI-Polri.

Acara ditutup dengan penyerahan bibit pohon secara simbolis kepada Kades Prabu dan dilanjutkan dengan penanam pohon oleh Kapolda NTB, Wakil Bupati Loteng, PJU Polda NTB dan seluruh anggota yang hadir.(VR/*)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.