2.171 Personil Dilibatkan di Operasi Aman Nusa II Gatarin 2020 Polda NTB

KabarNTB, Mataram – Kepolisian Daera (Polda) NTB melaksanakan apel Gelar Pasukan Operasi Kontijensi AMAN NUSA II GATARIN 2020 dilapangan Gajah Mada Polda NTB yang di pimpin langsung Kapolda NTB Irjen. Pol Drs Tomsi Tohir M.Si. Waka Polda NTB, Irwasda Polda NTB, PJU Polda NTB, Pamen, serta Pama turut hadir dalam apel dimaksud

Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol Artanto, mengatakan, dalam Sambutannya, Kapolda NTB memaparkan bahwa wilayah Polda NTB merupakan provinsi kepulauan berbatasan yang dilalui sekitar 155 sungai dan berhulu 15 gunung termasuk Gunung Rinjani dan Tambora yang masih aktif dan menyebabkan rawan terjadi bencana seperti banjir, gelombang tinggi, tanah longsor, gempa bumi, kebakaran hutan, kekeringan dan gunung meletus

Kapolda NTB, Irjen Pol Drs Tomsi Tohir S.IK M.Si

Provinsi NTB juga memiliki sumber kekayaan alam potensial salah satunya sperti tambang emas, pasir, tanah uruk dan batu apung yang tersebar di Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa. “Dengan adanya kekayaan alam tersebut akan mendorong masyarakat untuk melakukan penambangan secara ilegal sehingga merusak lingkungan yang berdampak terhadap terjadinya bencana seperti tanah longsor dan banjir,” jelas Kabid Humas.

Polda NTB yang diamanatkan undang – undang untuk mengemban tugas Harkamtibmas, sambung Artanto, diharapkan menjadi pasukan terdepan dalam menangani bencana alam dan ikut berpartisipasi dalam penanggulangan bencana untuk mencegah maupun pasca bencana.

Karena itu, kepada para personil, Kapolda menekankan pedoman dalam kesiap siagaan penanggulangan bencana alam seperti, pilun yang dibutuhkan terkait dengan kesiap-siagaan bencana alam, sarana prasarana, pemetaan setiap perkembangan situasi daerah yang dianggap rawan terjadinya bencana alam serta koordinasi dengan satuan wilayah dan melaksanakan imbauan kepada masyarakat. “Tidak kalah penting adalah menjalin sinergitas dengan instansi terkait dengan bencana alam dan meningkatkan kemampuan SAR,” timpalnya.

Personil yang dilibatkan dalam Operasi Kontijensi Aman Nusa II 2020 sebanyak 2.171 Orang, dengan rincian Satker Polda NTB 631 orang dan masing-masing 154 orang dari setiap jajaran Polres. Usai apel, Kapolda langsung mengecek kesiapan seluruh personil dan peralatan/kelengkapan.(NK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.