Gowes WBCC Sabtu Pagi Sasar Sampah Plastik di Pantai Branjangan

KabarNTB, Mataram – Kegiatan gowes rutin akhir pekan yang dilaksanakan Wira Bhakti Cycling Club (WBCC) tidak hanya untuk menjaga kebugaran tubuh dan patroli wilayah. Club penggemar sepeda yang diketuai Danrem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Rhamdani itu juga melaksanakan kegiatan untuk merangsang kepedulian masyarakat terhadap kebersihan lingkungan.

Sabtu pagi 22 Februari 2020, ketika melalui rute pantai Branjangan Lombok Barat, para anggota WBCC melaksanakan kegiatan bersih – bersih di pantai dimaksud. Kegiatan gowes WBCC Sabtu pagi mengambil rute di seputaran Kota Mataram dan Lombok Barat dengan titik start lapangan Sangkareang dan finish di Makorem.

Para anggota WBCC membersihkan Pantai Branjangan Lombok Barat dari sampah plastik

Pembersihan dalam rangka mewujudkan ‘Zero Waste’ itu diutamakan untuk sampah plastik yang sangat sulit terurai. “Kegiatan ini dilakukan untuk merangsang dan mengajak masyarakat di sekitar pantai untuk menjaga kebersihan lingkungan dari sampah terutama sampah non organik seperti plastik karena penguraiannya membutuhkan waktu yang panjang,” jelas Danrem.

Untuk diketahui, bahwa Pemprov NTB bersama PLN sudah mengembangkan pengolahan sampah dengan metode peuyeumusasi (penumpukan sampah) di Tempat Pengolahan Sampah (TPS) Kebon Kongok Lombok Barat menjadi pellet yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan bakar.

Danrem juga meminta satuan jajarannya untuk melaksanakan pembersihan pantai dan lingkungan bersama masyarakat setempat dalam rangka menjaga dan melestarikan lingkungan dengan harapan manfaatnya akan kembali lagi kepada manusia disekitarnya maupun lingkungan itu sendiri.(VR)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.