Antisipasi Virus Corona, Dua Warga KSB Dalam Pemantauan Tim Kesehatan

KabarNTB, Sumbawa Barat – Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) tengah melakukan pemantauan terhadap dua warga setempat yang diketahui baru pulang dari luar negeri.

Kepala Dikes KSB, H Tuwuh, mengatakan, pemantauan dilakukan guna memastikan jika kedua warga tersebut tidak terinfeksi virus Corona. “Pengawasan dilakukan selama dua minggu dan saat ini kondisi keduanya sudah cukul normal,” kata H Tuwuh, kepada wartawan Selasa 3 Maret 2020.

Kepala Dinas Kesehatan KSB, H Tuwuh

Berdasarkan data Dikes KSB, kedua warga dalam pantauan tersebut berdomisili di kecamatan Seteluk. Salah satunya diketahui terkena flu. Selama dalam pantauan, keduanya tidak diperkenankan meninggalkan rumah untuk mempermudah petugas medis memberikan pengobatan sekaligus pemantauan kondisi kesehatannya.

Menurut H Tuwuh, pemantuan dilakukan untuk memastikan keduanya tidak terinfeksi virus corona. Penanganan serupa juga dilakukan kepada setiap pendatang, terutama Warga Negara Asing (WNA) yang datang ke Sumbawa Barat.

Ia menegaskan, meski telah melalui pantauan tenaga kesehatan di Bandara oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), setiap pendatang akan dipantau kembali oleh Dikes KSB dengan melibatkan pihak terkait. “Pantauan merupakan keharusan, guna memastikan kondisi kesehatan tiap pendatang atau dengan kata lain memastikan bahwa yang bersangkutan tidak terjangkit virus berbahaya, virus corona,” sebutnya.

Selain langkah antisipasi dimaksud, Pemda KSB, sambung H Tuwuh, juga telah menyiapkan satu ruangan khusus di RSUD Asy Syifa sebagai ruang perawatan dan isolasi jika nantinya ditemukan pasien yang terinfeksi.(EZ)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.