Bukukan 7,2 Miliar, Nilai Transaksi LSGS 2020 Lebih Rendah dari 2019

KabarNTB, Mataram – Event Lombok – Sumbawa Great Sale (LSGS) 2020 yang berlangsung sejak 25 Januari hingga 25 Februari 2020, membukukan nilai transaksi sebesar Rp 7,2 miliar. Jumlah ini turun dari nilai transaksi selama event yang sama tahun 2019 lalu yang mencapai Rp 8,5 miliyar dan jauh dibawah target Dinas Pariwisata NTB sebesar Rp 25 miliyar.

Padahal, event tahunan berisi pesta diskon hingga 70 persen untuk belanja, hotel, pelayanan restoran, pelayanan kesehatan dan tiket tersebut untuk tahun 2020 ini diikuti oleh 320 tenant atau meningkat 100 persen dibanding jumlah tenant tahun 2019 yang hanya 185 tenant. Tenant tersebut terdiri dari travel agent, hotel, homestay, restoran, cafe, airline dan pusat perbelanjaan.

Meski demikian, Sekretaris Daerah Provinsi NTB, HL Gita Ariadi, mewakili Gubernur NTB di acara penutupan Lombok – Sumbawa Great Sale di gedung Grand Imperial Ballroom, Kota Mataram, Sabtu malam 7 Maret 2020 , menyampaikan apresiasi atas capaian dimaksud. “Tentu capaian ini menjadi sumber inspirasi, sumber motivasi untuk terus menghadirkan berbagai kegiatan promosi, mudah mudahan target kuantitatif 4,5 juta wisatawan tahun 2020 bisa diraih,” ungkap Sekda.

Dengan adanya event – event berskala internasional yang akan dihelat di NTB, seperti event MotoGP 2021 mendatang, Sekda mengajak seluruh komponen melakukan konsolidasi untuk pariwisata NTB kedepan yang lebih baik dan berkualitas.

Acara penutupan Lombok – Sumbawa Great Sale dirangkai dengan event Lombok Sharia Festival yang berlangsung selama tiga hari. Sekda berharap agar event-event yang serupa semakin banyak diselenggarakan, baik di dalam daerah, di luar daerah atau bahkan di luar negeri, sehingga berbagai produk dari NTB semakin dicintai dan dikenal.

“Pariwisata adalah sebuah pilihan untuk Nusa Tenggara Barat, mari kita bergandengan tangan lagi, bersama-sama mulai dari kegiatan promosi, penataan destinasi dan lain sebagainya. Masih banyak PR yang harus kita kerjakan berama sehingga NTB benar benar diperhitungkan sebagai destinasi berkelas nasional bahkan Internasional,” tandasnya.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata NTB, HL Mohammad Faozal, menyampaikan apresiasi kepada berbagai pihak yang terlibat dalam Lombok Sumbawa Great Sale 2020. Event tersebut, kata Faozal, merupakan pemicu kunjungan pariwisata pada saat low season.(NK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.