Desa Pamanto Empang Gunakan Dana Desa untuk Antisipasi Covid-19

KabarNTB, Sumbawa – Pemerintah Desa Pamanto, Kecamatan Empang, Sumbawa melaksanakan penyemprotan disinfektan ke seluruh rumah warga setempat sebagai upaya antisipasi penyebaran virus corona (Covid-19), pada Rabu 25 Maret 2020.

“Alhamdulillah, hari ini kita secara bersama-sama melakukan penyemprotan (cairan disinfektan) ke rumah-rumah warga. Ini kami lakukan sebagai upaya antisipasi dalam mencegah penyebaran virus corona,” ujar Kepala Desa Pamanto, H Iman Ikraman.

Ilustrasi dana desa

Selain melakukan penyemprotan disinfektan, upaya lain yang dilakukan adalah menyediakan fasilitas cuci tangan dibeberapa titik, lengkap dengan cairan hand sanitizer. “Fasilitas itu kita tempatkan disetiap gan\g. Insya Allah, kegiatan ini akan terus berlanjut,” terangnya, sembari mengungkapkan program itu dibiayai murni menggunakan dana desa (DD).

Pemdes setempat juga mengimbau warga agar tidak membuat acara yang melibatkan orang banyak. Misalnya acara resepsi pernikahan, khitanan dan lainnya untuk ditunda sementara waktu. Hal ini penting karena Covid-19 adalah hal yang harus disikapi serius.

Sementara Anggota DPR RI asal Dapil NTB 1 Pulau Sumbawa, H Johan Rosihan mengapresiasi upaya yang dilakukan Pemdes Pamanto. Menurutnya hal ini patut dijadikan contoh bagi desa-desa lainnya yang ada di Kabupaten Sumbawa agar bertindak secara nyata.

“Ini luar biasa dan saya sangat mengapresiasi sikap nyata Desa Pamanto. Lebih-lebih mereka menjadi desa yang pertama menggunakan dana desa untuk kegiatan pencegahan COVID-19 di Sumbawa,” kata Haji Johan.

Ia berharap apa yang dilakukan Pemdes Pamanto bisa dilakukan oleh desa – desa lainnya.(VR)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.