KNPI KSB Minta Pemda Pastikan Ketersediaan APD untuk Tenaga Kesehatan

KabarNTB, Sumbawa Barat – Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sumbawa Barat meminta pemerintah daerah untuk segera memenuhi kebutuhan Alat Perlindungan Diri (APD) bagi para tenaga kesehatan yang bertugas di garis depan dalam upaya pencegahan corona virus desease (Covid-19).

“Meningkatnya jumlah warga KSB (mahasiswa/umum) yang mudik (pulang kampung) dari daerah pandemi covid-19 mengharuskan para tenaga kesehatan ini bekerja ekstra. Mereka sejauh ini telah menunjukkan komitmen kuat dalam bekerja meski dengan resiko tinggi. Karena itu selayaknya Pemda untuk memfasilitasi para tenaga kesehatan ini dengan APD yang memadai,” ujar Ketua KNPI KSB, Trisman ST disela-sela kunjungan ke Posko Puskesmas Taliwang, Ahad malam 29 maret 2020.

Pengurus KNPI KSzb bersama tenaga kesehatan di Posko Puskesmas Taliwang

Dalam satu pekan terakhir jumlah pelaku perjalanan dari daerah pandemi (terjangkit) dan luar negeri yang tiba di KSB memang melonjak sangat tinggi. Data Satgas Antisipasi dan Penanganan Covid-19 Pemda KSB, sampai dengan Ahad 29 Maret 2020 Pukul 14.00 Wita, jumlah pelaku perjalan itu mencapai 341 orang.

Saat tiba di wilayah KSB mereka diperiksa oleh Tim dari Satgas yang standby 24 jam di simpangan Poto Tano. Ketika sudah tiba di rumah masing-masing, mereka diwajibkan untuk menjalani monitoring mandiri. Selama proses monitoring mandiri ini, para petugas kesehatan melakukan pemantauan secara rutin dan mesti berinteraksi. Termasuk terhadap puluhan orang lainnya yang saat ini berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP) yang telah mengalamai gejala (pilek, batuk, demam atau sesak nafas).

“Karena itu, tidak boleh ditawar akan kelengkapan APD bagi tenaga kesehatan dalam bentuk masker, sarung tangan, hand sanitizer, suplemen vitamin dan lainnya. APD ini harus dipastikan tersedia baik di Posko, setiap Puskesmas, RSUD maupun bagi petugas yang turun melakukan pemantauan di lapangan,” imbuh Trisman.

Dalam kunjungan ke Posko di Puskesmas Taliwang, Ketua KNPI bersama sejumlah pengurus KNPI lainnya memberi support kepada para tenaga kesehatan. “Selamat bekerja, semoga semua niat dan usaha rekan-rekan bernilai ibadah di sisi Allah SWT,” ujar Trisman dihadapan para petugas di Posko.(EZ)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.