NTB Masuk Nominasi Penghargaan Kesetaraan Gender dari Kementerian PPPA

KabarNTB, Mataram – Provinsi NTB masuk nominasi untuk penghargaan Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya tahun 2020. Kabar gembira tersebut disampaikan Asisten Deputi Kesetaraan Gender Bidang Pendidikan, Kesehatan dan Pembangunan Keluarga Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Budi Mardaya dalam audiensi dengan Wakil Gubernur NTB, Hj Sitti Rohmi Djalillah di ruang kerja Wakil Gubernur, Selasa 10 Maret 2020.

Di hadapan Wagub, Budi menyebut persyaratan apa saja yang diperlukan termasuk meminta komitmen dari pemerintah terkait kesetaraan gender di NTB. Ia optimis NTB mampu meraih Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya Tahun 2020. Menurutnya NTB mempunyai contoh nyata dari seorang pemimpin perempuan. “NTB ada progres yang bagus, sehingga itu bisa menggerakkan gender yang lain,” kata Budi.

Anugerah Parahita Ekapraya (APE) sendiri merupakan bentuk pengakuan atas komitmen dan peran pimpinan Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah dalam upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender melalui Strategi Pengarusutamaan Gender (PUG).

Menanggapi hal tersebut, Wagub Rohmi mengungkapkan jika kesetaraan gender di NTB sudah menipis bahkan mulai hilang. Hal itu dibuktikan dari banyaknya pimpinan OPD maupun penggerak organisasi yang berasal dari kalangan perempuan.”Program-program kita bahkan penggeraknya banyak yang perempuan,” ungkapnya.

Wagub mengharapkan koordinasi serta kerjasama dari tiap OPD dan masyarakat NTB sehingga tidak ada lagi gap antara laki-laki dan perempuan. “NTB sudah sangat maju dari sisi gender,” sebutnya.(NK)

Komentar