Ratna Dewi Pimpin PWI Lombok Timur

KabarNTB, Lombok Timur – Konferensi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Lombok Timur yang digelar di Rempung, Kecamatan Peringgasela, Lombok Timur, Sabtu 28 Maret 2020 menetapan Ratna Dewi sebagai Ketua PWI Lombok Timur Periode 2020-2023.

Di kegiatan pemilihan ketua yang berlangsung dengan mekanisme voting, Ratna Dewi berhasil mengalahkan dua pesaingnya, yakni Dimyati dan Hasanah Efendi. Konferensi yang digelar secara musyawarah mufakat, tidak menghasilkan satu suara, tapi berlanjut dengan sistem voting. Dalam voting itu, Ratna Dewi meraup 5 suara, Dimyati 3 suara dan Hasanah Efendi 1 suara. Pimpinan sidang, Hasanah Efendi langsung mengetuk palu untuk mengesahkan Ratna Dewi sebagai Ketua PWI Lotim periode 2020-2023.

Pelantikan pengurus PWI Lombok Timur Periode 2020 – 2023 oleh Ketua PWI NTB, H Nasruddin Zein

Setelah itu langsung dilaksanakan Rapat Formatur yang menghasilkan kepengurusan PWI Lotim yaitu, Ketua Dewan Kehormatan PWI Lotim dijabat Izzul Khairi, Ketua Ratna Dewi, Wakil Ketua Widiyanto, Sekretaris, Hasanah Efendi, Wakil Sekretaris Firdaus Rahman, Bendaraha, Jalaludin dan Wakil Bendahara Yuni Herawati. Pengurus PWI Lotim langsung dikukuhkan Ketua PWI NTB, H Nasruddin Zein.

Sebelumnya, kegiatan Konferensi PWI Lotim dibuka Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Pemkab Lombok Timur, Iswan Rahmadi mewakili Bupati yang berhalangan hadir. Iswan Rakhmadi mengatakan, jurnalis memiliki kekuatan dan peran penting dalam jalannya pemerintahan. Bahkan pers merupakan pilar keempat demokrasi yang diharapkan mampu memberikan informasi berimbang terutama ditengah ancaman penyebaran virus corona.

“Saya sangat berbahagia terdapat kepengurusan tetap PWI Lombok Timur, melalui para jurnalis dapat memberikan gambaran upaya yang dilakukan pemerintah daerah dalam menghambat penyebaran Covid-19 di Lombok Timur, termasuk menggambarkan bahwa Lombok Timur yang saat ini zona merah Covid-19 masih dalam keadaan aman,” kata Iswan.

Sementara, Ketua PWI NTB Haji Nasrudin dalam sambutannya mengajak wartawan di Kabupaten Lombok Timur agar menjaga keselamatan dalam menjalankan tugasnya ditengah ancaman penyebaran virus corona. Disamping itu tetap menjunjung kode dalam membuat berita. “Kita saling mengingatkan agar tidak panik ditengah ancaman penyebaran virus corona. Sudut pandang dalam membuat berita juga harus dikaji agar dapat mengedukasi masyarakat menghindari penyebaran virus corona,” tandas Nasrudin.

Ia berharap PWI Lombok Timur dapat menjadi percontohan bagi PWI di daerah lainnya di NTB. Pengurus yang baru dikukuhkan diharapkan juga dapat membawa organisasi ke arah yang lebih baik serta menjalin kerjasama dengan Pemerintah Daerah dalam upaya memperkuat dan meperkokoh keberadaan PWI.

Ketua PWI Lombok Timur terpilih, Ratna Dewi berharap organisasi PWI khususnya di Lombok Timur dapat terus berkembang. PWI Lombok Timur juga tidak menutup diri kepada para jurnalis potensial lainnya untuk bergabung menjadi anggota baru guna bersama-sama membangun PWI termasuk membangun sinergitas dengan Pemerintah Daerah setempat.

“Bila perlu PWI Lombok Timur akan menjadi inisiator memfasilitasi teman-teman yang belum melakukan Uji Kompetensi Wartawan (UKW). Hal tersebut akan menjadi tantangan bagi pengurus baru PWI Lombok Timur kedepan,” jelasnya.(SR)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.