TNI dan Petani di Utan Berjibaku Perbaiki Tanggul Irigasi Rusak Diterjang Banjir

KabarNTB, Sumbawa – Anggota Koramil 1607-09/Utan Rhee bersama masyarakat dan kelompok tani setempat melaksanakan gotong royong, Senin pagi 9 maret 2020. Warga dan personil TNI bahu membahu memperbaiki tanggul pembagian saluran air untuk persawahan di wilayah Desa Orong Bawah, Desa Pukat dan Desa Satoe Brang Kecamatan Utan, Sumbawa yang rusak terbawa arus air akibat curah hujan yang tinggi.

Komandan Kodim 1607/Sumbawa Letko Inf Samsul Huda, mengatakan, air merupakan salah satu unsur penting dalam proses penanaman. Musim hujan ini sangat bagus dimanfaatkan untuk menggarap ladang maupun lahan persawahan khususnya dalam proses pembibitan dan penanaman. “Inilah yang mendorong personil Koramil Utan Rhee bersama warga melaksanakan gotong royong untuk memperbaiki tanggul yang rusak,” ujar Dandim.

Kegiatan gotonh royong personil Koramil Utan Rhee bersama petani memperbaiki tanggul pengalih saluran irigasi yang rusak diterjang banjir

Meski air melimpah, sambungnya, petani tetap perlu memperhatikan bahwa pengairan juga harus dilakukan secara tepat agar tanaman tetap pada kondisi prima dan dapat tumbuh dengan optimal. Apalagi pengairan berperan penting dalam membantu melarutkan dan memudahkan pengakutan zat hara dari tanah ke tanaman. “Jadi harus memahami cara pengairan yang tepat sesuai kebutuhan tanaman,” jelasnya.

Dandim memberikan apresiasi kepada satuan jajarannya yang telah mendukung para petani di wilayah binaannya untuk berswasembada pangan sesuai dengan program pemerintah yang tertuang dalam program Nawacita. Mantan Danyonif Raidersus 744/SYB tersebut juga meminta kepada jajarannya untuk terus memantau wilayahnya dengan meningkatkan komunikasi sosial sehingga sekecil apapun informasi akan terpantau dengan baik.(JK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.