Gugus Tugas Kota Mataram Evakuasi Pasien Positif Covid-19 untuk Isolasi

KabarNTB, Mataram – Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 melaksanakan penjemputan terhadap satu orang positif di Jalan Kebudayaan, Lingkungan Karang Kemong, Kelurahan Cakranegara barat, Kota Mataram pada Rabu 29 April 2020 pukul sekitar 20.30 wita.

Pasien positif Covid-19 yang dijemput untuk evakuasi itu itu berinisial SLk, 57 Th, warga Lingkungan Karang Kemong, kelurahan Cakra Barat.

“Pasien pernah melakukan perjalanan ke Gowa Makassar dan tidak ada riwayat kontak dengan orang yang positif Covid-19. Yang bersangkutan sesuai hasil uji swab dinyatakan positif Covid-19, karena itu dievakuasi untuk diisolasi,” jelas Kabid Humas Polda NTB, Kombespol Artanto.

Suasana Tpasien Positif Covid-19 oleh tim Gugus Tugas Kota Mataram di Lingkungan Karang Kemong Kelurahan Cakranegara Barat

Ia menjelaskan, kegiatan Evakuasi dilaksanakan oleh pihak Rumah Sakit Kota Mataram di dampingi oleh Camat Cakranegara M Erwan, Kapolsek Cakranegara AKP Zaky Maghfur, Danramil Cakranegara Kapten Inf Asep Okinawa, Lurah Cakra barat dan Bhabinkamtibmas setempat.

“Sebelum dilaksanakan evakuasi terhadap pasien Nomor 229 untuk menjalani karantina, yang bersangkutan diminta agar tetap mengikuti petunjuk dari para medis atau satuan Gugus Tugas penanganan Covid-19, demi kebaikan dan keselamatan diri sendiri, keluarga maupun masyarakat umum lainnya,” jelas Artanto.

Ia menegaskan, upaya yang di lakukan oleh pemerintah melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Penyebaran Covid-19 itu. sesuai protokol dan SOP penanganan Covid-19 untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Pada awalnya pasien tidak bekenan untuk dibawa ke rumah sakit Kota Mataram karena merasa dirinya dalam keadaan sehat dan menantang petugas medis. Akan tetapi setelah diberikan pemahaman, yang bersangkutan akhirnya bersedia dibawa menggunakan ambulance oleh tim medis RSUD Kota Mataram guna menjalani perawatan,” imbuhnya.

Artanto menambahkan, sebelumnya yang bersangkutan telah dua kali menjalani foto torak dengan hasil negatif dan dari pihak Puskesmas Cakranegara kembali melakukan penjemputan untuk melakukan tes swab dan hasilnya Positif sehingga dilakukan evakuasi.

“Saat akan dievakuasi, yang bersangkutan baru saja selesai melaksanakan shalat tarawih di masjid Lingkungan Karang Kemong Cakra Barat sehingga masyarakat merasa resah dan meminta untuk dilakukan rapid tes terhadap anggota keluarga terdekat yang tinggal satu rumah dengan yang bersangkutan,” demikian Artanto.(NK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.