KSB 14 April : Bayi Usia 4 Bulan Ditetapkan PDP, Kondisi Dua PDP di RSMA Sumbawa Membaik

KabarNTB, Sumbawa Barat – Seorang bayi perempuan usia 4 bulan warga Kelurahan Telaga Bertong, Kota Taliwang, ditetapkan berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Pemda KSB, H Tuwuh menjelaskan, bayi yang merupakan PDP ke-7 di KSB itu mengalami gejala batuk dan pilek biasa. “Untuk kewaspadaan Tim dokter menetapkan statusnya PDP ringan per hari ini 14 April 2020. “Bayi bersangkutan saat ini diisolasi di rumahnya di Kelurahan Telaga Bertong,” jelas Haji Tuwuh, kepada KabarNTB, Selasa petang 14 April 2020.

Data penanganan Covid-19 di KSB per 14 April 2020 (sumber: Gugus Tugas Penangangan Covid-19 Pemda KSB)

Status PDP ditetapkan, sambung Haji Tuwuh, karena meskipun gejala yang dialami bayi bersangkutan ringan, tetapi Ia memiliki riwayat perjalanan dari daerah terjangkit bersama orang tuanya.

“Bayi bersangkutan memiliki riwayat perjalanan dari Situbondo Jawa Timur. Berangkat dari sana (Situbondo) pada tanggal 2 April 2020 dan tiba di KSB pada tanggal 3 April. Orang tua bayi bersangkutan juga berstatus pelaku perjalanan tanpa gejala (PPTG) dan dalam pemantauan,” imbuhnya.

Bayi dimaksud merupakan bayi kedua yang ditetapkan berstatus PDP di KSB. Sebelumnya, seorang bayi laki-laki berusia 3 bulan dari Kecamatan Seteluk ditetapkan sebagai PDP dan dirujuk ke Rumah Sakit Manambai Abdulkadir (RSMA) Sumbawa pada Kamis 9 April 2020 lalu.

Bayi bersangkutan juga memiliki riwayat perjalanan ke daerah terjangkit, kabupaten Lombok Tengah bersama orang tuanya. Saat dirujuk bayi bersangkutan mengalami gejala demam, batuk dan sesak nafas. Namun Haji Tuwuh menyatakan kondisi bayi dimaksud saat ini semakin membaik meski masih dirawat intensif di RSMA Sumbawa. “Bayi dimaksud bersama 1 PDP lainnya dari Brang Rea yang dirawat di Rumah Sakit Manambai kondisinya membaik,” imbuhnya.

Sampai Selasa 14 April pukul 12.00 Wita total jumlah PDP di KSB sebanyak 7 orang. 5 orang masih dalam proses pengawasan, satu orang selesai pengawasan dan 1 orang meninggal dunia.

Sementara untuk orang dalam pemantauan berjumlah 113 orang, 18 orang masih dalam pemantauan dan 95 orang sudah selesai pemantuan. Untuk pelaku perjalanan tanpa gejala (PPTG) hari ini tercatat sebanyak 3.120 orang. 1.646 orang masih dalam isolasi mandiri, dan 1.456 sudah selesai proses isolasi. Total jumlah orang yang telah diperiksa di KSB sebanyak 3.222 orang.(EZ)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.