KSB 21 April : 13 Kontak Erat Positif Covid-19 01 Selesai Rapid Test, Reaktif Bertambah 1 Orang

KabarNTB, Sumbawa Barat – Kegiatan pemeriksaan dengan metode rapid diagnostic test (RDT) terhadap orang yang pernah terlibat kontak langsung (kontak erat) dengan SY (63 tahun), Positif Covid-19 01 di Kabupaten Sumbawa Barat, kembali berlanjut Selasa 21 April 2020.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Pemda KSB, H Tuwuh, kepada KabarNTB, selasa sore, menjelaskan, di hari kedua ini terdapat sebanyak 13 orang yang telah tuntas menjalani rapid test.

“Jadi untuk kemarin dan hari ini, total kontak erat yang sudah selesai di-rapid test sebanyak 27 orang, karena pada hari senin yang selesai sebanyak 14 orang,” terang Haji Tuwuh.

Peta kondisi penanganan Covid-19 kabupaten Sumbawa Barat per hari Selasa 21 april 2020 (Sumber : Gugus Tugas KSB)

Mengenai hasil rapid test terhadap 13 orang itu, Haji Tuwuh mengungkapkan, satu orang hasilnya reaktif. Sisanya 12 orang non reaktif. Kontak erat dengan hasil reaktif tersebut adalah seorang lelaki berusia 45 tahun warga lingkungan Kuang, Kota Taliwang. Yang bersangkutan merupakan teman Almarhum SY. Dengan demikian dari total sebanyak 27 orang kontak erat yang sudah menjalani rapid test total jumlah reaktif menjadi dua (2) orang. “Sesuai protokol, yang bersangkutan langsung diambil sampel swab tadi di RSUD Asy Syfa untuk diuji di laboratorium. Yang bersangkutan juga langsung di isolasi,” imbuhnya.

Sampai dengan hari Selasa 21 April, terdapat sebanyak 81 orang kontak erat positif Covid-19 01 KSB. Seluruh kontak erat ini akan diperiksa dengan rapid test dan statusnya menjadi Orang Tanpa Gejala (OTG) dan diwajibkan untuk isolasi mandiri dibawah pemantuan petugas kesehatan dari gugus tugas.

Haji Tuwuh mengungkap diantara 81 orang OTG yang merupakan kontak erat tersebut, 15 orang diantaranya adalah tenaga kesehatan yang bertugas di RSUD Asy Syfa dan Puskesmas Taliwang. Mereka sebelumnya sempat melakukan kontak ketika Almarhum dirawat sebelum dirujuk ke Rumah Sakit Manambai Abdulkadir (RSMA) Sumbawa pada 16 April 2020.

“Tim surveylance masih terus melacak orang-orang yang pernah kontak dengan Positif Covid-19 01. Kami belum bisa memastikan apakah jumlah kontak erat ini masih akan bertambah atau tidak,” demikian Haji Tuwuh.

Sementara itu, sampai Selasa pukul 12.00 Wita, jumlah total orang yang telah diperiksa gugus tugas KSB sebanyak 4.134 orang, terbanyak merupakan pelaku perjalanan tanpa gejala (PPTG) yang berjumlah 3.919 orang, 1296 orang masih isolasi (mandiri) dan 2.623 sudah selesai isolasi. Untuk orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 126 orang, 11 orang masih dipantau dan 115 orang sudah selesai pemantauan. Sedangkan PDP, dari 7 orang, tersisa dua orang yang masih dalam pengawasan.(EZ)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.