KSB 25 April : 43 Tenaga Kesehatan Selesai Rapid Test, 1 Orang Reaktif

KabarNTB, Sumbawa Barat – Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumbawa Barat, telah melakukan pemeriksaan dengan metode Rapid Diagnostic Test (RDT) terhadap 43 orang tenaga kesehatan yang bertugas di RSUD Asy Syfa pada Jum’at 24 April 2020.

“Dari 43 orang tenaga kesehatan yang di rapid test ini, 1 orang diantaranya dengan hasil reaktif. Yang bersangkutan merupakan seorang perempuan dan saat ini sudah diisolasi (mandiri) di rumahnya,” ungkap Juru Bicara Gugus Tugas KSB, H Tuwuh, kepada KabarNTB, Sabtu sore 25 April 2020.

Sampai dengan Sabtu 25 april 2020, gugus tugas juga telah melaksanakan Rapid Diagnostic Test terhadap 96 orang kontak erat, Positif Covid-19 01 atas nama SY, laki-laki 63 tahun yang meninggal dunia di Rumah Sakit Manambai Abdulkadir (RSMA) Sumbawa pada 18 April lalu.

Haji Tuwuh mengatakan, dari 96 orang kontak erat yang di rapid test itu, dua (2) orang diantanya reaktif. Dua orang RDT reaktif itu adalah M, laki-laki 63 tahun warga kelurahan Kuang Kota Taliwang yang selanjut berdasarkan hasil uji swab dinyatakan positif Covid-19 sesuai pengumuman Gugus Tugas NTB pada Jum’at 24 April 2020. RDT reaktif kedua adalah seorang lelaki berusia 44 Tahun berinisial MZ yang saat ini sedang diisolasi (mandiri) di rumahnya di Kelurahan Kuang, Kota Taliwang.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Pemda KSB, H Tuwuh

“Untuk M yang telah diumumkan Positif (02 KSB) saat ini telah dipindahkan ke fasilitas isolasi terpusat di Rusunawa Belisung Kelurahan Menala. Yang bersangkutan tidak diisolasi di rumah sakit karena tidak ada gejala, dalam kondisi sehat dan segar bugar dan bahkan bisa melaksanakan ibadah puasa,” jelas Haji Tuwuh.

Selain 96 orang kontak erat SY, Gugus Tugas juga telah memeriksa dengan metode RDT

Sebelumnya, Rapid Test pada hari Kamis juga dilaksanakan terhadap satu Orang Dalam Pemantauan (ODP) dari kecamatan Jereweh, Laki-laki berusia 63 tahun dengan hasil reaktif dan satu orang Pelaku Perjalanan Tanpa Gejala (PPTG) laki-laki, 19 tahun asal desa Beru kecamatan Brang Rea dengan Hasil reaktif. Kedua ODP dan PPTG ini saat ini menjalani isolasi (mandiri) di rumah masing-masing. Total reaktif dari serangkaian RDT yang telah dilaksanakan sebanyak 5 orang, satu diantaranya positif Covid-19 (inisial M, 63 tahun).

Sementara itu, satu orang cluster Gowa asal KSB dengan hasil RDT reaktif, berinisial YB warga Kota Taliwang yang sebelumnya sempat diisolasi di Rusunawa Belisung, sudah dipulangkan pada Jum’at sore 24 April 2020, setelah dua kali uji swab dinyatakan negatif. Gugus Tugas, kata Haji Tuwuh, telah mengambil sample swab terhadap istri YB bersamaan dengan pengambilan sampel swab terhadap 6 orang RDT reaktif lainnya di RSUD Asy Syfa pada Sabtu 25 April tadi. “Untuk anak dari YB hanya dilakukan rapid test karena tidak bisa diambil sampel swabnya,” timpalnya.

Ditanya soal kontak erat positif Covid-19 02 KSB, berinisial M (63 tahun) Haji Tuwuh menyatakan sampai dengan Sabtu sore, Gugus Tugas telah mendata sebanyak 12 orang. Ia meminta masyarakat yang merasa diri telah melakukan kontak dengan yang bersangkutan dan belum terdata untuk melapor ke Posko Gugus Tugas atau fasilitas kesehatan terdekat. “Semua kontak erat ini juga akan dilaksanakan rapid test,” demikian Haji Tuwuh.(EZ)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.