KSB 28 April : 12 Orang Jalani RDT, 2 Orang dari Jereweh dan Brang Ene Reaktif

KabarNTB, Sumbawa Barat – Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumbawa Barat, pada Selasa 28 April 2020, kembali melaksanakan pemeriksaan dengan metode Rapid Diagnostic Test (RDT) terhadap 12 orang kontak erat Positif 02 KSB dan sejumlah Pelaku Perjalanan Tanpa Gejala (PPTG) di RSUD Asy Syfa.

Juru Bicara Gugus Tugas KSB, H Tuwuh, mengatakan dari 12 orang yang menjalani RDT itu, dua orang diantaranya dengan hasil reaktif. Dua orang hasil RDT reaktif tersebut masing-masing berinisial YF, perempuan berusia 33 tahun warga Kecamatan Jereweh.

Peta penanganan Covid-19 Kabupaten Sumbawa Barat per Hari Selasa 28 April 2020 (Sumber: Gugus Tugas KSB)

“Yang bersangkutan merupakan PPTG yang sebelumnya melakukan perjalanan dari Jakarta dan tiba di KSB beberapa hari lalu. Yang bersangkutan sebelumnya menjalani isolasi terpusat di Rusunawa Belisung. Karena masuk kategori beresiko, hari ini yang bersangkutan di rapid test bersama 11 orang lainnya,” jelas Haji Tuwuh.

Orang dengan hasil RDT reaktif kedua berinisial RN, laki-laki 51 tahun warga Kecamatan Brang Ene. “Yang bersangkutan tidak memiliki riwayat perjalanan ke daerah terjangkit, tetapi merupakan kontak erat dengan pasien positif 02 (M, laki-laki, 63 tahun warga Kota Taliwang),” imbuh Haji Tuwuh.

Orang dengan hasil RDT reaktif ini selanjutnya menjalani isolasi terpusat di Rusunawa Belisung dan akan menjalani proses pengambilan sampel swab di RSUD Asy Syfa pada Rabu 29 April 2020 berhasil beberapa orang hasil RDT reaktif lainnya.

Sementara itu sampai dengan Selasa 28 April 2020 Pukul 12.00 Wita, Gugus Tugas KSB telah memeriksa sebanyak 5.259 orang, terbanyak merupakan PPTG, dimana 1.575 orang masih dalam isolasi dan 3.435 orang sudah selesai isolasi. Untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 131 orang, 5 masih dipantau dan 126 orang sudah selesai pemantauan.

“Pasien dalam Pengawasan (PDP) total sebanyak 8 orang dan semuanya sudah selesai pengawasaan (nihil dalam perawatan). Sedangkan untuk Orang Tanpa Gejala (OTG) sebanyak 110 orang dan semuanya sampai hari ini masih dalam pemantauan. Kasus positif sampai hari ini tidak ada penambahan dan masih tetap dua kasus,” demikian Haji Tuwuh.(EZ)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.