KSB Laksanakan Tes Cepat Terhadap 5 Anggota Jamaah Tabligh Cluster Gowa

KabarNTB, Sumbawa Barat – Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Pemda Sumbawa Barat melaksanakan rapid test (tes cepat) terhadap 5 orang anggota Jamaah Tabligh yang sebelumnya sempat mengikuti kegiatan Ijtima Dunia 2020 Zona Asia di Gowa Sulawesi Selatan, pada 19 Maret 2020 lalu. Kelima orang anggota jamaah tabligh yang selanjutnya disebut cluster Gowa itu di tes cepat covid-19 di RSUD Asy Syfa Taliwang, pada Selasa 14 April 2020.

“Ya mereka di test hari ini di RSUD Asy Syfa. Semuanya berjumlah 5 orang dan semuanya di rapid test,” ujar Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Pemda KSB, H Tuwuh, kepada KabarNTB, Selasa petang.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Pemda KSB, H Tuwuh

Rapid test dilaksanakan untuk memastikan apakah kelima orang dimaksud terjangkit virus corona (covid-19) atau tidak. Meski sebenanya, 4 orang dari mereka sebelumnya telah menuntaskan masa isolasi mandiri.

“Ini sebagai upaya antisipasi, sebagai bentuk kewaspadaan kita. Mengingat sumber penularan terbanyak kasus positif corona di NTB berasal dari cluster Gowa ini,” jelas Haji Tuwuh.

Mengenai hasil rapid test itu sendiri, Haji Tuwuh menyatakan masih menunggu proses di RSUD Asy Syfa. “Yang jelas sampai hari ini KSB masih zona hijau dan zero (nol) kasus positif Corona,” imbuhnya.

Mengenai ketersediaan alat rapid test sendiri, Haji Tuwuh menyatakan sampai saat ini KSB memiliki stok sebanyak 80 biji dan hari ini digunakan untuk pelaksanan test terhadap lima orang cluster Gowa.

“Kita sedang menunggu droping juga alat rapid test ini dari pemerintah provinsi. Sementara pelaksanaan test sendiri disesuaikan dengan kebutuhan atau kasus yang ada di daerah,” demikian Haji Tuwuh.(EZ)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.